ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK SIMPANAN PADA KSPPS HARAPAN UMAT SEJAHTERA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

SEPTIANA DWI CAHYANINGRUM, NIM. 20.23036 and Nur Imam Hakim, M.E.K, NIDN. 2108028901 (2024) ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK SIMPANAN PADA KSPPS HARAPAN UMAT SEJAHTERA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (147kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (476kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (52kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (34kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bauran pemasaran produk simpanan di KSPPS Harapan Umat Serjahtera ditinjau dari perrperktif ekonomi islam. Pendekatan yang dirgunakan dalam analisir ini adalah konsep 4P (Product,
Pricer, Placer, Promotiron) yang disesuaikan dengan prinsip-prinsip syariah. Produk yang ditawarkan harus sesuai dengan hukum islam, yaitu bebas riba, gharar, dan maisi, serperti produk simpanan wadirah dan mudharabah. Harga atau penentuan bagi hasil harus adil dan transparan, mencerminkan keadilan sesuai dengan nilai-nilai ekonomi islam. Tempat distribusi layanan harus mudah diakses oleh seluruh masyarakat, termasuk melalui pengembangan layanan digital, untuk meningkatkan insklusi keuangan Syariah. Promosi yang dilakukan dengan cara yang etis dan edukatif, tanpa menggunakan stategi manipulative, serta menekankan manfaat produk Syariah bagi kesejahteraan umat. Dari hasil analisis, strategi bauran pemasaran di KSPPS Harapan Umat Serjahterra harus selalu mengikuti prinsip-prinsip Syariah dengan menekankan keadilan, transparansi, dan manfaat sosial. Implementasi strategi ini bertujuan untuk mencapai maqasid Syariah, yaitu kesejahteraan dan keadilan ekonomi bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Nur Iman Hakim al-Faqih, M.E.K
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Produk Simpanan, Ekonomi Islam
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2025 03:11
Last Modified: 20 Feb 2025 03:11
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1494

Actions (login required)

View Item
View Item