Analisis Pembelajaran Khat pada Program BTQ dengan Kitab At-Tariqah Al-Hamidiyyah Fi Tahsin Al-Kitabah Al-I‟tiyadiyah di TPQ Sains Nusantara Kebumen

Haya Fauziyah, NIM.21110149 (2025) Analisis Pembelajaran Khat pada Program BTQ dengan Kitab At-Tariqah Al-Hamidiyyah Fi Tahsin Al-Kitabah Al-I‟tiyadiyah di TPQ Sains Nusantara Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (387kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (538kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (342kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (306kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (312kB)

Abstract

ABSTRAK
Haya Fauziyah. 21110149. Analisis Pembelajaran Khat pada Program BTQ dengan Kitab At-Tariqah Al-Hamidiyyah Fi Tahsin Al-Kitabah Al-I‟tiyadiyah di TPQ Sains Nusantara Kebumen.
Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mendeskripsikan pembelajaran khat menggunakan Kitab At-Tariqah Al-Hamidiyyah Fi Tahsin Al-Kitabah AlI‟tiyadiyah di TPQ Sains Nusantara Kebumen; (2) untuk mendeskripsikan hasil karya peserta didik dalam pembelajaran khat menggunakan Kitab At-Tariqah AlHamidiyyah Fi Tahsin Al-Kitabah Al-I‟tiyadiyah di TPQ Sains Nusantara Kebumen; (3) untuk menganalisa nilai-nilai yang tertanam dalam pembelajaran khat menggunakan Kitab At-Tariqah Al-Hamidiyyah Fi Tahsin Al-Kitabah AlI‟tiyadiyah di TPQ Sains Nusantara Kebumen.
Penelitian ini berupa Penelitian Kualitatif. Peserta didik yang diteliti adalah kelas tahfiz dan Al-Qur‟an TPQ Sains Nusantara berjumlah 7 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data
yang dikumpulkan berupa data proses pembelajaran, hasil karya peserta didik, dan analisis nilai pendidikan Islam yang tertanam dalam pembelajaran khat menggunakan Kitab At-Tariqah Al-Hamidiyyah Fi Tahsin Al-Kitabah AlI‟tiyadiyah. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran khat di TPQ Sains Nusantara Kebumen dilaksanakan mengacu pada kitab AtTariqah Al-Hamidiyyah Fi Tahsin Al-Kitabah Al-I‟tiyadiyah. Tahapannya dimulai dari huruf tunggal hingga penyalinan surat pendek. Metode yang digunakan adalah demonstrasi dan latihan menulis berulang dengan koreksi langsung oleh
guru kelas. Evaluasi yang dilakukan yaitu harian dan semesteran; (2) peserta didik menulis khat Naskhi dengan indicator penilaian mencakup bentuk huruf, proporsi,
arah goresan, jarak, kerapian, dan keindahan. Karya terbaik sering dipamerkan atau diikutsertakan lomba sebagai bentuk apresiasi dan motivasi; (3) pembelajaran
khat tidak hanya mengasah keterampilan teknis, tetapi juga menanamkan nilai akidah, akhlak, dan estetika. Nilai akidah tampak dalam sikap penghormatan terhadap Al-Qur‟an. Nilai akhlak terlihat dari kedisiplinan, ketekunan, kesabaran,
tanggung jawab, dan peserta didik. Aspek estetika tercermin dari hasil tulisan yang rapi dan proporsional sesuai kaidah khat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: PEmbimbing :Faisal,M.Ag
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2025 07:18
Last Modified: 04 Nov 2025 07:18
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1778

Actions (login required)

View Item
View Item