Upaya Meningkatkan Jumlah Siswa Melalui PPDB dengan Pendekatan ABCD di MA-PK Ma’arif 01 Kebumen

Lu’luin Nafi’ah, NIM.21130115 (2025) Upaya Meningkatkan Jumlah Siswa Melalui PPDB dengan Pendekatan ABCD di MA-PK Ma’arif 01 Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)

Abstract

ABSTRAK
Lu’luin Nafi’ah, 21130115, Upaya Meningkatkan Jumlah Siswa Melalui PPDB
dengan Pendekatan ABCD di MA-PK Ma’arif 01 Kebumen.
PPDB adalah proses analitis bagi sekolah untuk memastikan keberlanjutan
intitusi. Tantangan seperti persaingan antar sekolah, dan kebijakan zonasi
mendorong perlunya strategi inovatif. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk
mengetahuai asset dan potensi yang dimiliki MA-PK Ma’arif 01 Kebumen untuk
meningkatkan jumlah siswa. (2) proses upaya meningkatan jumlah siswa melalui
PPDB dengan Pendekatan ABCD di MA-PK Ma’arif 01 Kebumen.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan ABCD (Aset Basic
Community Development), menawarkan solusi dengan pemanfaatan aset
komunitas untuk meningkatkan partisipasi dalam PPDB. Pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara, FGD, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam
penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Tim PPDB, dan Guru.
Kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru
(PPDB) di MA-PK Ma’arif 01 Kebumen telah dilakukan dengan pendekatan
manajerial yang sistematis, yaitu melalui siklus PDCA (Plan, Do, Check, Ack)
serta penerapan 5 langkah dalam Pendekatan ABCD yaitu discovery, dream,
design, define dan destiny. Seluruh tahapan tersebut telah dilaksanakan dengan
baik melalui merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, serta menindaklanjuti
strategi dalam menjaring peserta didik baru

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Agus Salim Chamidi,M.Pd.I
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2025 03:04
Last Modified: 30 Sep 2025 03:04
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1689

Actions (login required)

View Item
View Item