Kreativitas Guru PAI dalam Merancang Pembelajaran untuk Generasi Gen Z di MTs Negeri 3 Kebumen

Akhmad Saifuddin Mujtaba, NIM. 21110064 (2025) Kreativitas Guru PAI dalam Merancang Pembelajaran untuk Generasi Gen Z di MTs Negeri 3 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (848kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (309kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (549kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (236kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (246kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik Generasi Z di MTs Negeri 3 Kebumen. Generasi Z merupakan generasi yang akrab dengan teknologi, serba cepat, serta menyukai pembelajaran yang interaktif dan praktis. Oleh karena itu, peran guru PAI dituntut untuk mampu mengembangkan inovasi dalam perencanaan, metode, maupun media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di MTs Negeri 3 Kebumen telah menerapkan berbagai strategi kreatif, seperti penggunaan media digital, integrasi aplikasi pembelajaran, serta pengembangan metode kolaboratif yang memadukan nilai-nilai Islam dengan kebutuhan aktual peserta didik. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan sarana prasarana, perbedaan kemampuan literasi digital antar siswa, serta keterbatasan waktu dalam menyiapkan perangkat pembelajaran. Meskipun demikian, kreativitas guru terbukti mampu meningkatkan minat belajar, pemahaman materi, serta sikap religius siswa. Dengan demikian, kreativitas guru PAI menjadi faktor penting dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif dan relevan bagi Generasi Z. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru PAI yang terdapat dalam MTs Negeri 5 Kebumen sudah dapat menerapkan kreativitas dalam mengajar, sehingga dengan keterbatasan yang ada proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Atsmarina Awanis, M.A.
Uncontrolled Keywords: kreativitas, guru PAI, pembelajaran, Generasi Z, MTs Negeri 3 Kebumen
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2025 02:36
Last Modified: 23 Nov 2025 02:36
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item
View Item