IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GAMES BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI SHOLAT JAMAK DAN QASAR DI MTS PSA HUSNUL HIDAYAH KEBUMEN

Annisa Sofiana, NIM. 21110101 (2025) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GAMES BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI SHOLAT JAMAK DAN QASAR DI MTS PSA HUSNUL HIDAYAH KEBUMEN. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (390kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (513kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (398kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (356kB)
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf - Published Version

Download (362kB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah : 1). Mengetahui Pelaksanaan pembelajaran fikih
dengan media pembelajaran interaktif pada siswa kelas VII di Mts Psa Husnul
Hidayah, 2). Mengetahui Peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran fikih
dengan implementasi media pembelajaran interaktif pada siswa kelas VII Mts Psa
Husnul Hidayah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Siswa yang di teliti adalah
siswa kelas VII Mts Psa Husnul Hidayah sejumlah 24 siswa. Data yang
dikumpulkan berupa data pelaksanaan pembelajaran yang yang menggunakan
media pembelajaran interaktif dengan games based learning dan pemahaman
belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) penerapan media
pembelajaran interaktif dengan games based learning. Telah dilaksanakan dengan
baik dan sesuai prosedur ; (2) penerapan media pembelajaran interaktif dapat
meningkatkan pemahaman belajar siswa dengan tolak ukur menggunakan tes
tertulis dengan hasil nilai I yaitu dengan rata rata nilai siswa 73,83 dibandingkan
nilai II yaitu dengan rata rata nilai siswa 85,26. Dari hasil nilai siswa kelas VII C
dengan jumlah 24 anak. Menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran
interaktif terbukti efektik untuk meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Dr. Atim Rinawati ,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi , Media Pembelajaran Interaktif , Pemahaman Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2025 07:03
Last Modified: 05 Nov 2025 07:03
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item
View Item