Peran Roudlotu Tarbiyatil Qur’an (RTQ) Dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di RTQ As-Syafi’iyah Kelurahan Panjer Kecamatan Kebumen

Wahyu Tri Lestari, NIM.21110095 (2025) Peran Roudlotu Tarbiyatil Qur’an (RTQ) Dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di RTQ As-Syafi’iyah Kelurahan Panjer Kecamatan Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (990kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (274kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (431kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (269kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (194kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (171kB)

Abstract

ABSTRAK
Wahyu Tri Lestari, 21110095, Peran Roudlotu Tarbiyatil Qur’an (RTQ) Dalam
Meningkatkan Kualitas Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di RTQ As-Syafi’iyah
Kelurahan Panjer Kecamatan Kebumen.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tingkat kemampuan membaca AlQur’an di RTQ As-Syafi’iyah, dan 2) peran RTQ dalam meningkatkan kualitas
kemampuan membaca Al-Qur’an di RTQ As-Syafi’iyah. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah asatidzah sebagai guru pembimbing
berjumlah 3 orang, anggota takmir masjid berjumlah 2 orang, walisantri berjumlah 2
orang, perwakilan masyarakat berjumlah 1 orang, dan santriwan-santriwati berjumlah
6 anak. Adapun objeknya adalah kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di RTQ AsSyafi’iyah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Tingkat
kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak di RTQ As-Syafi’iyah masih terdapat
ditemukannya kekeliruan dan kesalahan bacaan sehingga belum bisa dikatakan tuntas
dalam penilaian berdasarkan teori Taksonomi Bloom yaitu ranah kognitif, afektif, dan
psikomotorik. Sehingga sebagai pendidik masih perlu evaluasi dan perbaikan terhadap
kelancaran, hukum tajwid, dan makhorijul huruf pada suatu bacaan. 2) Peran RTQ
dalam meningkatkan kualitas kemampuan membaca Al-Qur’an di RTQ As-Syafi’iyah
terbagi menjadi dua peran yaitu peran RTQ sebagai sebagai lembaga pendidikan dasar
Al-Qur'an dan peran sebagai pendidik

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Bahrun Ali Murtopo,M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2025 02:53
Last Modified: 03 Nov 2025 02:53
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1761

Actions (login required)

View Item
View Item