Peran Social Support Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MTs Mamba‟ul Ulum Puring Kebumen

Siti Asiyah, NIM.21110158 (2025) Peran Social Support Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MTs Mamba‟ul Ulum Puring Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (314kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (309kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (196kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (237kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran social support orang tua
terhadap motivasi belajar siswa di MTs Mamba‟ul Ulum Puring. Fenomena yang
mendasari penelitian ini adalah adanya perbedaan tingkat motivasi belajar siswa.
sebagian siswa menunjukkan semangat tinggi karena mendapatkan perhatian dan
dukungan orang tua, sedangkan sebagian lainnya mengalami penurunan motivasi
akibat kurangnya dukungan keluarga.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi
kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi
terhadap siswa, orang tua, dan guru. Analisis data dilakukan melalui proses
reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dengan menggunakan
teori dukungan sosial Sarafino dan teori motivasi belajar menurut Kompri sebagai
landasan analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial orang tua berperan
penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Bentuk dukungan tersebut
meliputi dukungan emosional, instrumental, informasional, dan penghargaan.
Siswa yang memperoleh dukungan penuh dari orang tua memiliki motivasi belajar
lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dukungannya terbatas. Dengan
demikian, keterlibatan orang tua dalam bentuk perhatian, semangat, fasilitas
belajar, serta penghargaan sederhana terbukti menjadi faktor penting dalam
keberhasilan belajar anak.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen pembimbing : Nihayatul Husna, Lc., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Social Support, Dukungan Orang Tua, Motivasi Belajar, MTs Mamba‟ul Ulum Puring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2025 01:59
Last Modified: 11 Oct 2025 01:59
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1719

Actions (login required)

View Item
View Item