Implementasi Pendidikan Karakter Perspektif Islam pada Siswa SMP PGRI 2 Somagede Kabupaten Banyumas

Risma Nur Azizah, NIM 21110086 (2025) Implementasi Pendidikan Karakter Perspektif Islam pada Siswa SMP PGRI 2 Somagede Kabupaten Banyumas. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (927kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (199kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (577kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (199kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pendidikan Karakter
berdasarkan perspektif Islam yang diterapkan pada siswa di SMP PGRI 2
Somagede. (2) Pelaksanaan Pendidikan Karakter perspektif Islam di SMP PGRI 2
Somagede. (3) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat Pendidikan
Karakter dari perspektif Islam yang digunakan di SMP PGRI 2 Somagede.
Dalam penelitian ini, penulis menerapkan metode kualitatif dengan
pengumpulan data berupa informasi yang didapat di lapangan. Metode
pengumpulan data ini mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses
analisis data dilakukan melalui empat tahap, yaitu: 1) Pengumpulan data, 2)
Reduksi data, 3) Penyajian data, 4) Penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa: 1)
Pendidikan Karakter dari perspektif Islam di SMP PGRI 2 Somagede sudah
selaras dengan nilai-nilai karakter Islam seperti shiddiq, amanah, tabligh, dan
fathonah. 2) Pelaksanaan Pendidikan Karakter dari perspektif Islam di SMP PGRI
2 Somagede bertujuan agar siswa dapat menerapkan nilai-nilai karakter Islam
sebagaimana telah dijelaskan dalam kajian teori. Pelaksanaan Pendidikan Karakter
dari perspektif Islam di SMP PGRI 2 Somagede menginternalisasikan nilai-nilai
karakter Islam di setiap kegiatan sekolah. Nilai-nilai karakter Islam yang
dianalisis dalam penelitian ini meliputi: a) Shiddiq, b) Amanah, c) Tabligh, d)
Fathonah. 3) Faktor pendukung pelaksanaan Pendidikan Karakter dari perspektif
Islam di SMP PGRI 2 Somagede meliputi peranan guru, kerjasama yang baik,
fasilitas yang memadai, dukungan dari orang tua siswa, tingginya antusiasme
siswa serta kondisi lingkungan. Sementara itu, faktor yang menghambat
pelaksanaan Pendidikan Karakter dari perspektif Islam di SMP PGRI 2 Somagede
terdiri dari kondisi lingkungan, kekurangan tenaga pengajar untuk Pendidikan
Agama Islam, rasa bosan siswa, dan pola perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Dr. Sudadi, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter Islam, Sekolah Menengah Pertama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2025 02:48
Last Modified: 09 Oct 2025 02:48
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1716

Actions (login required)

View Item
View Item