Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

SYAIFUL MA’ARIF, NIM. 21110122 (2025) Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (782kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (396kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (292kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji dampak model Problem
Based Learning (PBL) yang didukung oleh multimedia interaktif dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa dan (2) mengetahui bagaimana
implementasi proses pembelajaran model PBL berbantuan multimedia
interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif
berbasis studi pustaka (library research) dengan pendekatan filosofis. Data
dikumpulkan dari berbagai literatur primer dan sekunder, termasuk 27 jurnal
ilmiah yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:
(1) penerapan model PBL berbantuan multimedia interaktif memberikan
kontribusi positif terhadap berbagai aspek motivasi belajar siswa, seperti
peningkatan minat, keterlibatan aktif, kemampuan berpikir kritis dan mandiri,
serta rasa percaya diri dan tanggung jawab dalam proses belajar. (2) Proses
pembelajaran model ini dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi
dan evaluasi, refleksi dan perbaikan. Model ini menjadi lebih efektif dan
bermakna, ketika siswa diberdayakan untuk belajar secara kolaboratif dan
reflektif. Sementara, kesiapan guru, infrastruktur penunjang dan kelemahan
kelemahan model ini juga perlu dipertimbangkan sebagai upaya optimalisasi.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru, lembaga
pendidikan, dan peneliti selanjutnya dalam mengembangkan pendekatan
pembelajaran yang holistik, kontekstual, dan berpusat pada siswa, terutama
bagi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Oky Ristya Trisnawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Multimedia Interaktif, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 07 Oct 2025 02:02
Last Modified: 07 Oct 2025 02:02
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1707

Actions (login required)

View Item
View Item