Herwin Masruroh, NIM.21110010 (2025) Penerapan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Yapika Petanahan Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf
Download (964kB)
2. BAB I.pdf
Download (255kB)
3. BAB II.pdf
Download (426kB)
4. BAB III.pdf
Download (184kB)
5. BAB IV.pdf
Download (523kB)
6. BAB V.pdf
Download (169kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (388kB)
Abstract
ABSTRAK
Herwin Masruroh. 21110010. Penerapan Media Pembelajaran Flashcard
Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs
Yapika Petanahan Kebumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media
pembelajaran flashcard dan untuk mengetahui pengaruh penerapan media
pembelajaran flashcard dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata
pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Yapika Petanahan. Latar belakang penelitian
ini adalah rendahnya minat belajar siswa yang cenderung pasif ketika
pembelajaran hanya menggunakan metode konvensional. Media pembelajaran
flashcard ini dipilih karena sifatnya yang visual, sederhana, dan mampu
mempermudah siswa dalam memahami materi ajar tersebut. Penelitian ini
menggunakan Metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
penelitian mengunakan (1) Kondensasi Data, (2) Penyajian Data dan (3)
Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran
flashcard dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih
di kelas VII MTs Yapika, Petanahan, Kebumen, Guru terlebih dahulu
menyusun RPP dilanjutkan membuat media flashcard, dilanjutkan tahapan
pelaksanaan diawali berdo‟a, pemeriksaan kehadiran siswa, kegiatan ice
breaking, penyampaian tujuan pembelajan, penyampaian materi oleh guru,
diskusi kelompok, presentasi kelompok, memberi kesempatan bertanya dan
diakhihi berdo‟a bersama. Media pembelajaran flashcard pada pembelajaran
Fiqih juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa pada
mapel Fiqih di kelas VII Yapika Petanahan Kebumen. Diantara lainnya : (1)
Siswa memiliki perasaan senang, (2) Siswa menjadi lebih aktif, (3) Perhatian
siswa menjadi meningkat, (4) serta ketertarikan siswa meningkat ketika
menggunakan media flashcard saat pelajaran mapel Fiqih
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing :Nginayatul Khasanah,M.Pd.I |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 01 Oct 2025 01:47 |
| Last Modified: | 01 Oct 2025 01:47 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1692 |
