Pemanfaatan ChatGPT dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Kebumen

Insaniyatus Solikhah, NIM. 21110109 (2025) Pemanfaatan ChatGPT dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (218kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (303kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (149kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (184kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi buatan atau Artificial Intellegen (AI)
membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan. Salah satu inovasi yang mulai
digunakan adalah ChatGPT, sebuah chatboat berbasis AI yang mampu merespons
berbagai pertanyaan pengguna secara interaktif dan formatif. Pemanfaatan
ChatGPT dalam meningkatakan pembelajaran Al-Qur’an Hadits menjadi Langkah
baru dalam mendorong partisipasi aktif siswa sekaligus meningkatkan pemahaman
mereka terhadap materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman
siswa dalam menggunakan ChatGPT serta dampaknya terhadap motivasi dan hasil
belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Kebumen.
Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi yang melibatkan siswa kelas XI A, guru mata pelajaran,
guru BK, dan Waka Kurikulum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merasa terbantu dengan
kehadiran ChatGPT karena terbukti mampu menjawab pertanyaan mereka dengan
jelas dan penyajian kalimat yang mudah dpahami. Motivasi belajar meningkat
karena siswa merasa lebih percaya diri, tidak malu untuk bertanya, dan termotivasi
untuk belajar secara mandiri. Dari sisi hasil belajar, terdapat kenaikan sebesar
2,64% pada semester dua setelah penggunaan ChatGPT. Dengan demikian,
ChatGPT turut berperan sebagai media pembelajaran yang efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran
Al-Qur’an
Hadits. Teknologi ini layak dikembangkan lebih lanjut di madrasah, selama
penggunaanya tetap berada di bawah bimbingan guru yang kompeten.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen pembimbing : Dr. Eliyanto, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: ChatGPT, motivasi belajar, dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:52
Last Modified: 24 Sep 2025 03:52
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1673

Actions (login required)

View Item
View Item