Arbangatun Hidayah, NIM. 21110103 (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMP N 1 Kutowinangun. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (321kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (567kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (227kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (235kB)
Abstract
Tujuan Penelitian adalah : (1) untuk mendeskripsikan hasil belajar PAI
siswa kelas VIII SMP N 1 Kutowinangun sebelum diterapkannya model
pembelajaran kooperatif tipe STAD; (2) untuk menggambarkan hasil belajar PAI
siswa kelas VIII SMP N 1 Kutowinangun sesudah diterapkannya model
pembelajaran kooperatif tipe STAD; (3) untuk menganalisis keefektifan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa
kelas VIII SMP N 1 Kutowinangun.
Penelitian ini berupa Penelitian Kuantitatif menggunakan jenis penelitian
eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek penelitian
adalah siswa kelas VIII E SMP N 1 Kutowinangun sejumlah 30 siswa. Metode
pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner dan tes hasil belajar. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan uji t-test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada
ranah kognitif sebelum (pretest) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD menunjukan siswa memiliki rata-rata (mean) sebesar 8,2 meningkat pada
hasil posttest sebesar 9,733. Sedangkan pada ranah afektif dan psikomotorik hasil
pretest menunjukan siswa memiliki rata-rata(mean) sebesar 71,633 meningkat
pada hasil posttest sebesar 77,833. Hasil uji t-test pada angket/kuisioner
menunjukkan thitung > ttabel (6,536 > 2,045) dan tes hasil belajar menunjukkan thitung
> ttabel (7,594 > 2,045), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian,
terbukti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif digunakan
untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Kutowinangun.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing : Dr. Nurhidayah, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Model STAD, Pembelajaran PAI |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 02:33 |
| Last Modified: | 22 Sep 2025 02:33 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1648 |
