Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI Pemasaran di SMK Batik Sakti 2 Kebumen

Isnaini Nur Barokah, NIM : 21110133 (2025) Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI Pemasaran di SMK Batik Sakti 2 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (904kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah : (1) Mengetahui efektivitas Metode Problem
Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Pendidika Agama Islam (PAI) di SMK
Batik Sakti 2 Kebumen dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa; (2)
Mengetahui kendala dan solusi dalam penerapan metode Problem Based Learning
untuk meningkatkan kemampuan berfikirkritis siswa SMK Batik Sakti 2 Kebumen
Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini
adalah Guru PAI, dan Siswa kelas XI yaitu Pemasaran. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan
adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Metode Problem Based Learning
(PBL) efektif dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XI Pemasaran SMK Batik Sakti
2 Kebumen. Hal ini terlihat dari peningkatan keaktifan siswa dalam berdiskusi,
kemampuan menganalisis permasalahan, serta memberikan solusi yang logis dan
sistematis yang disertai nilai-nilai keislaman; (2) Kendala dalam penerapan metode
Problem Based Learning (PBL) meliputi keterbatasan waktu, kurangnya
pemahaman sebagian siswa terhadap materi, dan kurangnya variasi media
pembelajaran. Namun kendala tersebut dapat diatasi melalui perencanaan yang
matang, penggunaan media yang menarik seperti PowerPoint dan video, serta
bimbingan intensif dari guru selama proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Oky Ristya Trisnawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam, SMK Batik Sakti 2 Kebumen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2025 02:35
Last Modified: 20 Sep 2025 02:35
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1635

Actions (login required)

View Item
View Item