Manajemen Peningkatan Prestasi Akademik Peserta Didik di MTsN 1 Kebumen.

Kharisma Khoirina, NIM.2113011 (2025) Manajemen Peningkatan Prestasi Akademik Peserta Didik di MTsN 1 Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (296kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

ABSTRAK
Kharisma Khoirina. 2113011. Manajemen Peningkatan Prestasi Akademik Peserta Didik di MTsN 1 Kebumen.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pelaksanaan manajemen peningkatan prestasi akademik peserta didik di MTsN 1 Kebumen; (2) mengetahui kendala yang dihadapi madrasah dalam pelaksanaan manajemen peningkatan prestasi akademik peserta didik di MTsN 1 Kebumen; (3) mengetahui solusi untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan manajemen
peningkatan prestasi akademik peserta didik di MTsN 1 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Jenis penelitian ini yaitu analisis deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan manajemen peningkatan prestasi akademik peserta didik di MTsN 1 Kebumen telah dilaksanakan dengan baik, sistematis, dan mampu menciptakan prestasi akademik
hingga tingkat internasional. Dimana pelaksanaan tidak terlepas dari perencanaan secara matang, koordinasi terstruktur antar bidang, pelaksanaan yang
dilaksanakan secara sistematis melalui kegiatan kokurikuler, serta monitoring secara berkala; (2) kendala yang ditemukan, kepadatan jadwal dan kejenuhan guru, keterbatasan waktu dan akses dalam persiapan lomba, keterbatasan fasilitas
penunjang dan sumber referensi, kurangnya penguasaan tekonologi informasi oleh sebagian guru, serta kurangnya disiplin dan fokus peserta didik; (3) Solusi yang
diberikan berupa memberikan motivasi dan apresiasi kepada guru pembina prestasi, pembagian tugas guru pembina prestasi yang terstruktur dan terjadwal, peningkatan sumber referensi dan pengawasan, pengarahan peserta didik untuk memilih kegiatan yang dihendaki, dukungan madrasah dari segi pendanaan yang selalu melibatkan orang tua peserta didik dalam bermusyawarah, serta adanya monitoring dan evaluasi secara berkala

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Bahrun Ali Murtopo,M.Pd.I
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2025 03:12
Last Modified: 20 Sep 2025 03:12
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1634

Actions (login required)

View Item
View Item