Implementasi Metode Fun Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Qur’an Hadits Kelas VII Di MTs Ma’arif Nu 09 Kutawis Purbalingga

Luqman Hakim Abdillah, NIM : 19116788 (2023) Implementasi Metode Fun Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Qur’an Hadits Kelas VII Di MTs Ma’arif Nu 09 Kutawis Purbalingga. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (499kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (208kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (276kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (149kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (77kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB)

Abstract

Fun adalah kaidah atau pedoman yang menyenangkan. Pembelajaran adalah menyambut anak untuk belajar, maka Fun Learning adalah menyambut anak untuk belajar dengan standar yang menyenangkan. Berusaha memberikan inspirasi sesuai materi yang dididik dan sesuai sikap siswa. Oleh karena itu, guru perlu memberikan upaya kreatif kepada mereka sebagai cara untuk memberikan dampak yang membahagiakan, dengan harapan dapat menciptakan iklim pembelajaran yang menarik dan tidak membuat siswa kelelahan, agar lebih mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Pada penelitian ini, penulis membuat beberapa rumusan masalah, di antaranya: ”Bagaimana Implementasi Metode Fun Learning bisa meningkatkan minat belajar Qur’an Hadits Kelas VII Di MTs Ma’arif NU 09 Kutawis Purbalingga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang dilaksanakan selama 2 siklus, yang mana setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observing), Refleksi (Reflecting). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes subjektif, lembar observasi pembelajaran yang dilakukan guru, aktivitas peserta didik pada saat pembelajaran selama siklus I dan siklus II. Hasil dari penelitian dengan menggunakan metode Fun Learning berdampak positif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs Ma’arif NU 09 Kutawis. Dengan diterapkan metode ini, menjadikan peserta didik bertambah aktif, lebih mudah memahami materi pelajaran dan interaksi dengan guru tidak kaku. Keberhasilan metode ini ditandai dengan meningkatnya minat belajar peserta didik yang tuntas pada siklus II yaitu 91,74% dari jumlah keseluruhan 29 peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbng : Muzayyin, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Fun Learning, Minat, Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 29 Dec 2024 02:20
Last Modified: 29 Dec 2024 02:20
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1451

Actions (login required)

View Item
View Item