Strategi Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Al-Qur‟an Siswa di Madrasah Ibtidaiyah AlMujtaba Karanggayam Kebumen.

Elma khoerunnisa, NIM.19116651 (2023) Strategi Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Al-Qur‟an Siswa di Madrasah Ibtidaiyah AlMujtaba Karanggayam Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
ELMA KHOERUNNISA. 19116651: Strategi Guru Tahfidz dalam
Meningkatkan Motivasi Hafalan Al-Qur‟an Siswa di Madrasah Ibtidaiyah AlMujtaba Karanggayam Kebumen. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui implementasi strategi
guru dalam meningkatkan motivasi hafalan Al-Qur‟an siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujtaba Karanggayam, 2) Mengetahui kendala dan solusi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi hafalan Al-Qur‟an siswa di
Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujtaba Karanggayam.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dimana penulis mengumpulkan data dengan melakukan studi mendalam berupa wawancara dengan kepala sekolah, guru Al-Qur‟an, peserta didik yang susah untuk hafalan dan wali murid sebagai key informant (pemberi informasi kunci) serta observasi terhadap fenomena yang terjadi dan mendokumentasikan data tersebut. Kemudian
data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan situasi yang bersifat fakta. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi
data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi hafalan Al-Qur‟an siswa di Madrasah Ibtidaiyah AlMujtaba Karanggayam Kebumen sudah sangat baik dimana ada beberapa strategi yang dilakukan oleh guru tahifdz seperti memberi pujian, memberi nilai, pemberian nasehat, menumbuhkan persaingan yang sehat antar siswa, menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan, pemberian reward dan punishmen. Adapaun kendala guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi hafalan
Al-Qur‟an siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujtaba Karanggayam Kebumen terdiri dari kurangnya minat, cita-cita peserta didik yang berbeda-beda, kemampuan hafalan yang berbeda dan latarbelakang keluarga yang berbeda.
Adapun kendala-kendala yang dihadapi telah mendapatkan solusinya agar apa yang menjadi visi dan misi sekolah dapat terealisasikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Rose Kusumaning Ratri,M.A
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2024 03:40
Last Modified: 11 Nov 2024 03:40
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1332

Actions (login required)

View Item
View Item