Nuzula Anggrek Firdauzi, NIM.19116626 (2023) Penelitian ini berjudul “Penggunaan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Ketampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Mata Pelajaran PAI BP Kelas XI TPTU I SMK Ma‟arif 2 Gombong. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (893kB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (819kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
ABSTRAK
Nuzula Anggrek Firdauzi. 19116626. Penelitian ini berjudul
“Penggunaan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Ketampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Mata Pelajaran PAI BP Kelas XI TPTU I SMK Ma‟arif 2
Gombong”. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui aktivitas guru dalam pembelajaran PAI BP dengan penerapan metode mind mapping di kelas XI TPTU 1 SMK Ma‟arif 2 Gombong; (2) mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran
PAI BP dengan penerapan metode mind mapping di kelas XI TPTU 1 SMK Ma‟arif 2 Gombong; (3) mengetahui peningkatan ketrampilan berpikir kreatif siswa dengan diterapkannya metode mind mapping dalam mata pelajaran PAI BP
di kelas XI TPTU 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas XI TPTU 1 yang terdiri dari 24 orang siswa. Sumber data berasal dari siswa kelas XI TPTU 1 yang berjumlah 24 orang, serta hasil observasi dan hasil karya siswa setelah dilakukan tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping dalam pembelajaran PAI BP di kelas XI TPTU 1 SMK Ma‟arif 2 Gombong dapat meningkatkan ketrampilan berpikir kreatif siswa. Terbukti bahwa presentase hasil pada siklus I yaitu 33,3% dan kemudian meningkat hingga 83,3%
pada siklus II. Adapun nilai yang diperoleh pada aktivitas guru di siklus I yaitu 85,71% dan meningkat pada 98,22% di siklus berikutnya. Peningkatan aktivitas siswa juga terlihat dari presentase semula pada siklus I yaitu 78,58% dan
meningkat pada presentase 96,42 disiklus II
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Nurhidayah,M.Pd |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 07 Nov 2024 04:00 |
| Last Modified: | 07 Nov 2024 04:00 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1307 |
