NAELI QOTRIN NADA, NIM. 19116623 and Bahrun Ali Murtopo, M.Pd.I., NIDN. 2116058201 (2023) Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur‟an Bagi Santri Usia Dini di TPQ Madinatul Atfal Petanahan Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (454kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui peran guru TPQ dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur‟an bagi santri usia dini di TPQ Madinatul Atfal Petanahan (2) Mengetahui metode yang dipakai guru TPQ dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur‟an bagi santri usia dini di TPQ Madinatul Athfal Petanahan Kebumen, (3) Mengetahui kendala dan solusi yang dilakukan oleh guru TPQ dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur‟an bagi santri usia dini di TPQ Madinatul Atfal Petanahan Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif karena data yang dikumpulkan dalam bentuk kata-kata atau gambar, sehingga tidak menekankan pada angka, dimana peneliti mengumpulkan data dengan melakukan studi mendalam berupa wawancara dengan Kepala TPQ, Guru-Guru TPQ dan santri Madinatul Atfal Petanahan Kebumen sebagai key informant (pemberi informasi kunci) serta observasi terhadap fenomena yang terjadi dan mendokumentasikan data tersebut. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan situasi yang bersifat fakta. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Peranan guru dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur‟an bagi santri usia dini di TPQ Madinatul Atfal Petanahan Kebumen sudah sangat baik dimana ada beberapa peran yang diambil seperti berperan sebagai pengajar, pengelola kelas, motivator, evaluator dan demonstrator. Beberapa peran ini dilakukan dengan bekerja sama antara guru bidang studi lainnya dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al�Qur‟an bagi santri usia dini. 2) Metode qiroati adaah metode yang dipakai dalam mempermudah sekaligus mempercepat cara belajar baca Al-Qur‟an anak-anak di TPQ Madinatul Atfal Petanahan Kebumen 3) Kendala guru dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur‟an bagi santri usia dini di TPQ Madinatul Atfal Petanahan Kebumen terdiri dari Kurangnya Minat terhadap pelajaran Al-Qur‟an, kemampuan pemahaman anak yang berbeda-beda, kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik di kelas, latar belakang santri yang berbeda dan keterbatasan sarana dan prasarana. Adapun kendala-kendala yang dihadapi telah mendapatkan solusinya agar apa yang menjadi visi dan misi TPQ dapat terealisasikan dengan baik.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Bahrun Ali Murtopo, M.Pd.I |
| Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur‟an |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 29 Aug 2024 01:23 |
| Last Modified: | 29 Aug 2024 01:23 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1193 |
