Nur Rodiatul Munawaroh, NIM. 20226846 and Drs. H. Mahrur Adam Maulana, M.Ag., NIDN. 2107076601 (2024) Peran guru Al-Qur'an Hadist dalam Penerapan Ilmu Tajwid guna Membaca Al-Qur'an pada Siswa MTs Al-Falah Sumberadi Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (406kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Al-Qur‟an sebagai petunjuk untuk umat islam guna kehidupan didunia juga ahkirat. Di Al-Qur‟an sudah dijelaskan mengenai perintah dan larangan juga tentang ilmu pengetahuan. Adapun keistimewaan dari Al-Qur‟an yaitu salah satunya jika yang membacanya dinilai ibadah. Dijelaskan dalam sabdanya Rasululloh yaitu: Barang siapa yang membaca satu huruf Al-Quran maka akan mendapatkan satu kebaikan, dan dari satu kebaikan itu akan berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak berkata alif lam mim sebagai satu huruf, namun alif satu huruf, lam satu huruf, mim satu huruf. Hadist diatas menjelaskan bahwasanya sebagai umat islam diperintahkan untuk membaca Al-Qur‟an, walaupun hanya satu huruf. Karena satu huruf membaca Al-Qur‟an itu sudah dinilai sebagai ibadah. Membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar itu sebuah kewajiaban. Karena jika membaca Al-Qur‟an tidak sesuai dengan panjang pendek maka akan mengubah makna dari ayat Al�Quran tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Al-Qur‟an Hadist dalam penerapan ilmu tajwid sesuai makhorijul khuruf pada siswa kelas 8 di Mts Al-Falah Sumberadi Kebumen dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru Al-Quran Hadist dalam mengajarkan mahkorijul huruf pada siswa kelas 8 di Mts Sumberadi Kebumen. Desain penelitian ini adalah deskripsi penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini ialah guru Al-Qur‟an Hadist dan siswa kelas VIII A. Pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya guru Al-Qur‟an Hadist berperan penting untuk mengatasi siswa yang masih sulit untuk membaca Al-Qur‟an sesuai kaidah ilmu tajwid dan sesuai makhorijul huruf. Adapun faktor pendukungnya yaitu: adanya program bimbingan AL-Qur‟an, sarana prasarana dan fasilitas. Adapun Faktor penghambatnya yaitu: kurangnya bekal dari rumah dan faktor keluarga.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Mahrur Adam Maulana, M.Ag. |
| Uncontrolled Keywords: | Guru Al-Qur‟an Hadist, Al-Qur‟an dan Siswa |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 06 Aug 2024 02:43 |
| Last Modified: | 06 Aug 2024 02:43 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1185 |
