Risa Anggraeni, NIM.18116427 (2022) STRATEGI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 4 KEBUMEN MASA PANDEMI COVID-19”. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (491kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (477kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (255kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (239kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (461kB)
Abstract
ABSTRAK
Risa Anggraeni, 18116427. Strategi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MAN 4 Kebumen Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas XI MAN 4 Kebumen masa pandemi Covid-19; (2) Untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di
kelas XI MAN 4 Kebumen masa pandemi Covid-19.
Penelitian ini berupa penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kulitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Strategi Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Proses belajar pada mata pelajaran akidah akhlak terhadap siswa siswi kelas XI di MAN 4 Kebumen selama masa pandemi covid-19, yaitu menggunakan strategi belajar tidak
langsung dan strategi belajar secara daring karena selama masa pandemi tidak diperbolehkan pembelajaran secara tatap muka. (2) Strategi belajar yang
digunakan oleh guru akidah akhlak terhadap siswa siswi MAN 4 Kebumen, yaitu pendidik menggunakan strategi belajar tidak langsung dan menggunakan strategi belajar secara daring menggunakan media yang ada seperti E-Learning, Telegram, Google Form maupun WA Grup. Dengan demikian siswa dapat memahami matrei pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru akidah akhlak karena pendidik telah menggunakan strategi belajar yang telah di pilih untuk bisa memudahkan peserta didik dalam memahami dan menguasai hasil akhir dari
materi pembelajaran dengan demikian pendidik bisa mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. Slamet Mujiono,M.Hum |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 03:19 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 03:19 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/886 |