STRATEGI MANAJEMEN PERSAINGAN BISNIS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Kelompok Usaha Bersama Elektonik Warung Gotong Royong Jati Makmur Desa Jatinegara Kecamatan Sempor)

SITI FAIZAH HIKMAHYATUN, NIM. 1821140 (2022) STRATEGI MANAJEMEN PERSAINGAN BISNIS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Kelompok Usaha Bersama Elektonik Warung Gotong Royong Jati Makmur Desa Jatinegara Kecamatan Sempor). Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (326kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (628kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (191kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (151kB)

Abstract

Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang berbentuk Elektronik Warung Gotong Royong (e-Warong) merupakan bantuan usaha yang diberikan oleh Kementerian Sosial. Dengan adanya bantuan Kube maka terbentuklah E-Warong Jati Makmur Desa Jatinegara Kecamatan Sempor. Pelaksanaan program ini diperlukan strategi manajemen pemasaran dan manajemen sumber daya untuk menghadapi persaingan bisnis ditengah persaingan yang semakin kompetitif. Manajemen persaingan bisnis Kube E-Warong Jati Makmur menerapkan Kejujuran (ash-Shidqu), Keadilan (al-’adālah) Adil, Terpercaya dan menepati janji (al-amānah wa al-wafā’bi al-‘ahdi), Istiqāmah (sustainability) dan Saling menolong (at-Ta’āwun). Manajemen Sumber Daya Manusia di Kube E-Warong Jati Makmur mempunyai himmatul amal (punya etos kerja tinggi), ahliyah (punya keahlian) dan amanah (terpercaya dan tanggungjawab). Manajemen pemasaran Kube E-Warong Jati Makmur menjalankan dengan sifat yang religius (diniyyah), Etis (akhlaqiyyah), Realistis (al-waqiyah), Humanistis (al-insaniyyah). Jenis penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian Kube E-Warong Jati Makmur Desa Jatinegara manajemen persaingan bisnis, manajemen sumber daya manusia dan manajemen pemasaran yang dijalankan sudah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing 1 : Siti Ngatikoh, M.M. Pembimbing 2 : Muhammad Faiz Arrafi, S.E., M.M.
Uncontrolled Keywords: Kube, E-Warong, Strategi, Bisnis, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Persaingan Bisnis
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:32
Last Modified: 12 Jun 2024 02:32
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1150

Actions (login required)

View Item
View Item