Manajemen Praktik Kerja Lapangan (PKL) dalam Pengembangan Kompetensi Peserta Didik di SMK Ma’arif 9 Kebumen

Fitri Bekti Khasanah, NIM. 2113007 (2025) Manajemen Praktik Kerja Lapangan (PKL) dalam Pengembangan Kompetensi Peserta Didik di SMK Ma’arif 9 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of HAL DEPAN.pdf] Text
HAL DEPAN.pdf - Published Version

Download (718kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (105kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (161kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (108kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (152kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan bagaimana manajemen Praktik Kerja Lapangan (PKL) dalam pengembangan kompetensi peserta didik Jurusan Kuliner di SMK Ma’arif 9 Kebumen; (2) Untuk mengetahui kendala yang muncul pada manajemen Praktik Kerja Lapangan (PKL) dalam pengembangan kompetensi peserta didik Jurusan Kuliner di SMK Ma’arif 9 Kebumen. Penelitian ini berupa Penelitian Kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu peserta didik kelas XII Jurusan Kuliner SMK Ma’arif 9 Kebumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa data pengelolaan PKL dengan menggunakan Siklus PDCA (Plan, Do, Check, Act). Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen PKL dilaksanakan secara sistematis dimulai dari tahap perencanaan (plan) mencakup penjajagan lokasi PKL, pembekalan materi, serta sosialisasi. Pelaksanaan (do) PKL berlangsung selama enam bulan. Tahap pengawasan (check) dilakukan oleh pembimbing untuk memastikan perkembangan peserta didik dan menangani permasalahan selama PKL. Setelah PKL selesai, peserta didik membuat laporan dan mempresentasikannya. Tahap tindak lanjut (act) dilakukan dengan evaluasi hasil dan perbaikan. Kegiatan PKL di SMK Ma’arif 9 Kebumen telah terbukti dapat mengembangkan kompetensi peserta didik yang dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rapor dan nilai PKL yang sudah maksimal. Kendala seperti miskomunikasi, adaptasi peserta didik, serta kesenjangan teori dan praktik menjadi fokus perbaikan berkelanjutan. Dengan penerapan PDCA, manajemen PKL diharapkan efektif dalam mengembangkan kompetensi peserta didik dan mendukung tujuan dari lembaga pendidikan SMK.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Agus Salim Chamidi, S.Sos., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Manajemen PKL, Pengembangan Kompetensi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2025 02:45
Last Modified: 08 Nov 2025 02:45
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item
View Item