Implementasi Metode Jigsaw dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas 10A SMK Teknologi Informasi Karangtanjung Kebumen

Dewi Fatimatuzzakiyah, NIM. 21110004 (2025) Implementasi Metode Jigsaw dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas 10A SMK Teknologi Informasi Karangtanjung Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of HAL DEPAN.pdf] Text
HAL DEPAN.pdf - Published Version

Download (686kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (305kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (374kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (310kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (220kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (248kB)

Abstract

Tujuan penelitian: (1)
Mengetahui langkah-langkah penerapan metode jigsaw pada mata pembelajaran
PAI di Kelas 10 SMK Teknologi Informasi Karangtanjung Kebumen; (2)
Mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan metode
pembelajaran jigsaw pada mata Pelajaran PAI di Kelas 10 SMK Teknologi
Informasi Karangtanjung Kebumen.
Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini
adalah Guru PAI, dan Siswa kelas 10 SMK Teknologi Informasi. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang
digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses pembelajaran dilakukan melalui
tiga tahapan, yaitu pembuka, inti, dan penutup. Guru memulai dengan motivasi dan
apersepsi, lalu menerapkan metode Jigsaw sesuai langkah yang telah dirancang. Di
akhir sesi, guru menyampaikan kesimpulan dan melakukan evaluasi melalui tes
tertulis. Hasilnya menunjukkan bahwa metode ini efektif dan mampu meningkatkan
hasil belajar siswa; (2) Faktor pendukung dalam implementasi metode jigsaw yaitu
dapat meningkatkan keaktifan dan rasa tanggung jawab siswa; meningkatkan sosial
dan komunikasi siswa; pemahaman materi yang merata; pengalaman pembelajaran
yang menyenangkan. Faktor penghambat dalam implementasi metode jigsaw yaitu
kurangnya ketersediaan waktu; kurangnya sarana prasarana; keterbatasan
kemampuan guru; perbedaan kemampuan akademik dan partisipasi siswa;
ketidaksesuaian materi dengan metode jigsaw.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Oky Ristya Trisnawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Jigsaw, PAI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2025 02:02
Last Modified: 08 Nov 2025 02:02
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item
View Item