Dewi Fatimatuzzakiyah, NIM. 21110004 (2025) Implementasi Metode Jigsaw dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas 10A SMK Teknologi Informasi Karangtanjung Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
HAL DEPAN.pdf - Published Version
Download (686kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (374kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (310kB)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (377kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (220kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (248kB)
Abstract
Tujuan penelitian: (1)
Mengetahui langkah-langkah penerapan metode jigsaw pada mata pembelajaran
PAI di Kelas 10 SMK Teknologi Informasi Karangtanjung Kebumen; (2)
Mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan metode
pembelajaran jigsaw pada mata Pelajaran PAI di Kelas 10 SMK Teknologi
Informasi Karangtanjung Kebumen.
Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini
adalah Guru PAI, dan Siswa kelas 10 SMK Teknologi Informasi. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang
digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses pembelajaran dilakukan melalui
tiga tahapan, yaitu pembuka, inti, dan penutup. Guru memulai dengan motivasi dan
apersepsi, lalu menerapkan metode Jigsaw sesuai langkah yang telah dirancang. Di
akhir sesi, guru menyampaikan kesimpulan dan melakukan evaluasi melalui tes
tertulis. Hasilnya menunjukkan bahwa metode ini efektif dan mampu meningkatkan
hasil belajar siswa; (2) Faktor pendukung dalam implementasi metode jigsaw yaitu
dapat meningkatkan keaktifan dan rasa tanggung jawab siswa; meningkatkan sosial
dan komunikasi siswa; pemahaman materi yang merata; pengalaman pembelajaran
yang menyenangkan. Faktor penghambat dalam implementasi metode jigsaw yaitu
kurangnya ketersediaan waktu; kurangnya sarana prasarana; keterbatasan
kemampuan guru; perbedaan kemampuan akademik dan partisipasi siswa;
ketidaksesuaian materi dengan metode jigsaw.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing : Oky Ristya Trisnawati, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Jigsaw, PAI |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 08 Nov 2025 02:02 |
| Last Modified: | 08 Nov 2025 02:02 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/82 |
