Pengaruh Media Sapin (Saku Pintar) Perkalian Terhadap Keterampilan Perkalian Siswa Kelas III di SD Negeri 1 Sikayu

Putri Nurul Rahmawati, NIM. 2112014 (2025) Pengaruh Media Sapin (Saku Pintar) Perkalian Terhadap Keterampilan Perkalian Siswa Kelas III di SD Negeri 1 Sikayu. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (851kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (290kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (477kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (265kB)
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf - Published Version

Download (232kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui cara penggunaan media
Sapin (Saku Pintar) Perkalian pada kelas III di SD Negeri 1 Sikayu, (2) untuk
mengetahui pengaruh media Sapin (Saku Pintar) Perkalian terhadap keterampilan
perkalian siswa kelas III di SD Negeri 1 Sikayu, (3) untuk mengetahui respon
siswa setelah menggunakan media Sapin (Saku Pintar) Perkalian.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian
yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pre test- post test.
Subjek penelitian adalah siswa kelas III B SD Negeri 1 Sikayu yang berjumlah 20
siswa. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji instrumen penelitian (uji
normalitas Liliefors) dan uji t dua sampel berpasangan.
Implementasi penggunaan media Sapin (Saku Pintar) Perkalian ini yaitu : a)
siswa diminta untuk mengambil satu kartu soal yang diberikan, b) siswa membaca
dan mencoba menyelesaikan soal perkalian yang tertera dikartu menggunakan
media Sapin (Saku Pintar) Perkalian, c) siswa menghitung stik es krim sesuai
dengan angka pada soal, misalnya 3 x 2 maka siswa mengambil 2 stik es krim dan
kemudian diletakan ke dalam 3 saku, d) siswa menghitung jumlah stik es krim
tersebut dan meletakan kartu hasil pada tempatnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata nilai tes
awal dan tes akhir pada materi perkalian. Berdasarkan hasil perhitungan uji
normalitas Liliefors sebelum menggunakan media Sapin (Saku Pintar) Perkalian
diperoleh nilai Lhitung sebesar 0,1231 dan Ltabel sebesar 0,190. Sedangkan hasil
perhitungan uji normalitas Liliefors setelah siswa menggunakan media tersebut
diperoleh nilai Lhitung sebesar 0,1220 dan Ltabel sebesar 0,190. Maka, berdasarkan
hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai Lhitung < Ltabel, hal itu
menunjukkan data berdistribusi normal yang berarti ada pengaruh dari media
Sapin (Saku Pintar) Perkalian terhadap keterampilan perkalian siswa. Dengan
demikian, media Sapin (Saku Pintar) Perkalian efektif digunakan sebagai sarana
pembelajaran khususnya materi perkalian di sekolah dasar.
Respon siswa terhadap penggunaan media Sapin (Saku Pintar) Perkalian dalam
materi perkalian menunjukkan minat dan kontribusi yang baik. Media ini menarik
perhatian siswa karena tampilannya yang berwarna, menyenangkan, dan mudah
untuk dipakai. Dalam proses pembelajaran menggunakan media Sapin (Saku
Pintar) Perkalian, siswa tampak lebih aktif saat menjawab pertanyaan. Rasa ingin
tahu mereka meningkat karena menggunakan metode belajar yang tidak
membosankan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen pembimbing : Dr. Maryanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Keterampilan Perkalian, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2025 02:11
Last Modified: 06 Nov 2025 02:11
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/78

Actions (login required)

View Item
View Item