Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Model 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MI KHR Ilyas Rantewringin

Zidni Hilda Ardhani, NIM. 2112018 (2025) Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Model 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MI KHR Ilyas Rantewringin. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of HAL DEPAN.pdf] Text
HAL DEPAN.pdf - Published Version

Download (839kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (397kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (533kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (183kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (243kB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana implementasi
pembelajaran inkuiri model 5E pada mata pelajaran Matematika materi “Data”
tehadap hasil belajar peserta didik kelas V MI KHR Ilyas Rantewringin; (2) untuk
mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran inkuiri model 5E pada mata
pelajaran Matematika materi “Data” tehadap hasil belajar peserta didik kelas V
MI KHR Ilyas Rantewringin.
Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta
didik kelas V MI KHR Ilyas Rantewringin sejumlah 30 peserta didik. Desain yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan jenis One
Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji
Paired Sampel T-Test.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran
inkuiri model 5E telah dilaksanakan dengan tahapan Engagment (melibatkan),
Exploration (Eksplorasi), Explanation (Eksplanasi), Elaboration (Elaborasi) dan
Evaluation (Evaluasi); (2) penerapan pembelajaran inkuiri model 5E berpengaruh
positif terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata pretest 69,84 dan
nilai rata-rata posttest mencapai 81,15. Uji Paired Sample Test menghasilkan nilai
signifikansi sebesar 0,015 yang lebih kecil dari 0,05 menunjukkan pengaruh yang
signifikan dari pembelajaran inkuiri model 5E.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen pembimbing : Dr. Atim Rinawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Inkuiri, Matematika, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2025 04:19
Last Modified: 03 Nov 2025 04:19
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item
View Item