Implementasi Pembelajaran Ulumul Qur‟an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan menghafal Al-Qur‟an di SMP Qur‟ani Petanahan.

Nurina Setiawati, NIM.21110135 (2025) Implementasi Pembelajaran Ulumul Qur‟an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan menghafal Al-Qur‟an di SMP Qur‟ani Petanahan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (435kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (525kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (317kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (292kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB)

Abstract

ABSTRAK
Nurina Setiawati. 21110135. Implementasi Pembelajaran Ulumul Qur‟an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan menghafal Al-Qur‟an di SMP Qur‟ani Petanahan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi pembelajaran Ulumul Qur‟an dan mengetahui pengaruh pembelajaran Ulumul Qur‟an dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur‟an
siswa kelas IX SMP Qur‟ani Petanahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran
Ulumul Qur‟an di SMP Qur‟ani dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu kegiatan pembuka, inti, dan penutup, dengan menerapkan metode talaqqi, tasmi‟, muraja‟ah, dan setoran hafalan yang dilakukan secara rutin. Proses ini menjadikan siswa lebih aktif dan terarah dalam belajar
membaca serta menghafal Al-Qur‟an. Adapun pengaruhnya terhadap kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur‟an ini terlihat dalam
beberapa aspek, yaitu kemampuan membaca sesuai dengan kaidah tajwid yang benar, peningkatan kualitas hafalan, pembentukan karakter religius, serta peningkatan motivasi dan kepercayaan diri siswa. Kesimpulannya, pembelajaran Ulumul Qur‟an di SMP Walyatalhathof Petanahan berjalan
efektif dan berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur‟an, sekaligus membentuk pribadi siswa yang berakhlak mulia dan berjiwa Qur‟ani

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Benny Kurniawan,M.Pd.I
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 01 Dec 2025 02:00
Last Modified: 01 Dec 2025 02:00
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1802

Actions (login required)

View Item
View Item