Silvia Damayanti, NIM. 21110090 (2025) Peran Guru Akidah Akhlak Sebagai Model Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas X Di MA Salafiyah Wonoyoso Bumirejo Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (225kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (327kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (128kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (339kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (188kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (253kB)
Abstract
ABSTRAK
Silvia Damayanti, 21110090 Peran Guru Akidah Akhlak Sebagai Model Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas X Di MA Salafiyah Wonoyoso Bumirejo Kebumen. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui peran guru akidah akhlak
sebagai model dalam membentuk karakter siswa kelas X di MA Salafiyah Wonoyoso Bumirejo Kebumen; (2) Untuk mengetahui strategi guru Akidah Akhlak dalam pembinaan karakter siswa kelas X di MA Salafiyah Wonoyoso Bumirejo Kebumen; (3) Untuk mengetahui siswa X di MA Salafiyah Wonoyoso
Bumirejo Kebumen merespon peran guru sebagai model dalam pembentukan karakter mereka. Penelitian ini berupa Penelitian Kualitatif. Siswa yang diteliti adalah siswa
kelas X MA Salafiyah Wonoyoso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif, yaitu metode penelitian yang menggambarkan secara sistematik,
factual dan akurat mengenai fakta serta hubungan antar fenomena yang diteliti. teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti wawancara, observasi
dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru sebagai role model dalam pendidikan karakter siswa di MA Salafiyah Wonoyoso
Bumirejo Kebumen adalah sebagai informator, motivator, pengarah, fasilitator,
dan evaluator. Dalam membentuk karakter siswa guru Akidah Akhlak melakukannya melalui penyampaian materi dengan baik di kelas, juga dengan memberikan teladan yang baik bagi siswa. Adapun strategi dari pihak madrasah
adalah melalui pembiasaan rutin, operasi ketertiban, serta program punishment dan reward. Penanggungjawabnya yaitu wali kelas, guru BK, dan Waka Kesiswaan. Siswa merespon peran guru sebagai model dalam pembentukan
karakter dengan positif. Para guru menjalankan perannya dengan baik, sehingga siswa dapat dengan lebih mudah memahami dan menerapkan karakter-karakter
yang diajarkan oleh guru, khususnya guru Akidah Akhlak
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing :Dr. Benny Kurniawan,S.Pd.I.,M.Pd |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 03:16 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 03:16 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1800 |
