Implementasi Pembelajaran Fiqih Menggunakan Kitab Al-Mabadi Al-Fiqhiyah di TPQ Al-Irsyad Bandungrejo

Septiyanti Walimatul Nikmah, NIM.21110157 (2025) Implementasi Pembelajaran Fiqih Menggunakan Kitab Al-Mabadi Al-Fiqhiyah di TPQ Al-Irsyad Bandungrejo. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (528kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (293kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (157kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version

Download (288kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (129kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (236kB)

Abstract

ABSTRAK
Septiyanti Walimatul Nikmah (21110157). Implementasi Pembelajaran Fiqih
Menggunakan Kitab Al-Mabadi Al-Fiqhiyah di TPQ Al-Irsyad Bandungrejo.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskrpsikan implementasi
pembelajaran fiqih menggunakan kitab Al-Mabadi Al-Fiqhiyah di TPQ Al-Irsyad
Bandungrejo, (2) Mendeskrpsikan tantangan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran fiqih, dan solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala dalam
proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif lapangan. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dan diinterpretasikan secara sistematis agar mudah dipahami. Subjek penelitian meliputi Kepala TPQ, guru fiqih, serta santri
TPQ Al-Irsyad Bandungrejo. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran fiqih dengan kitab Al-Mabadi
Al-Fiqhiyyah Juz 1 di TPQ Al-Irsyad Bandungrejo sudah sesuai dengan teori implementasi pendidikan yang mengacu ke 3 aspek yaitu, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan guru, perbedaan usia serta pemahaman santri, dan sarana prasarana yang terbatas.
Namun, guru mampu menyesuaikan metode dengan kebutuhan santri sehingga tujuan pembelajaran tetap tercapai

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Faisal, S.Ag.,M.Ag
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2025 01:59
Last Modified: 08 Nov 2025 01:59
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1790

Actions (login required)

View Item
View Item