Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Bank untuk Perekonomian umat dan Bisnis yang Maslahat di Kelas 10 SMK Teknologi Informasi Karangtanjung Alian

Atikah Wulandari, NIM.21110145 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Bank untuk Perekonomian umat dan Bisnis yang Maslahat di Kelas 10 SMK Teknologi Informasi Karangtanjung Alian. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (707kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (280kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (295kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (438kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (17kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB)

Abstract

ABSTRAK
Atikah Wulandari. 21110145. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Bank untuk Perekonomian umat dan Bisnis yang Maslahat di Kelas 10 SMK Teknologi Informasi Karangtanjung Alian. Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa kelas 10 SMK TI terhadap materi bank untuk perekonomian umat dan bisnis yang maslahah sebelum menggunakan model Problem Based Learning (PBL), (2)
Menganalisis pemahaman siswa setelah diterapkannya model PBL, dan (3) Mendeskripsikan kendala serta solusi penerapannya. Penelitian ini menggunakan
desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa, dengan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes pemahaman pada akhir setiap siklus. Analisis data dilakukan melalui kondensasi, penyajian, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Sebelum penerapan PBL, tingkat pemahaman siswa masih rendah, hanya 18 siswa (56,25%) yang tuntas dengan rata-rata nilai 67,3. (2) Setelah diterapkan PBL, terjadi peningkatan pemahaman,
nilai rata-rata naik menjadi 80,3 dengan ketuntasan 87,5% pada siklus I, dan seluruh siswa (100%) tuntas pada siklus II dengan rata-rata 84. (3) Kendala yang
muncul adalah sebagian siswa masih pasif dalam diskusi serta keterbatasan waktu pembelajaran. Solusi yang diberikan guru yaitu bimbingan intensif, pembagian
peran yang merata dalam kelompok, dan pengelolaan waktu lebih efektif. Kata kunci: Problem Based Learning, pemahaman siswa, bank, perekonomian umat, bisnis yang maslahah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Siti Fatimah, S.Pd.,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2025 02:09
Last Modified: 06 Nov 2025 02:09
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1785

Actions (login required)

View Item
View Item