Khomsatun, NIM. 2112009 (2025) Penggunaan Metode Silabel Pada Siswa Kelas 1C SD Islam Ulil Albab Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
HAL DEPAN.pdf - Published Version
Download (617kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (168kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (271kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (236kB)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (281kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (122kB)
Abstract
Kemampuan membaca merupakan keterampilan dasar yang
sangat penting bagi siswa sekolah dasar, khususnya pada kelas awal. Namun, hasil
observasi awal menunjukan bahwa sebagian siswa kelas 1C SD Islam Ulil Albab
Kebumen masih mengalami kesulitan dalam mengenal huruf, menggabungkan suku
kata dan membaca kata sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pelaksanaan metode silabel dalam pembelajaran membaca serta melihat sejauh mana
metode tersebut dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 1C SD Islm ULIL Albab Kebumen
tahun ajaran 2024/2025. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan
dokumentsi, kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles &
Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode silabel dilaksanakan
secara bertahap, dimulai dari pengenalan huruf vokal, suku kata, kata sederhana,
hingga kalimat pendek. Guru memanfaatkan media pembelajaran seperti kartu kata
dan modul ajar untuk mendukung proses pembelajaran. Siswa dilibatkan secara aktif
dalam kegiatan membaca, baik secara klasikal maupun individual. Hasil observasi dan
evaluasi menunjukan adanya peningkatan kemampuan membaca siswa. Dari hasil 28
siswa, pada awal pembelajaran terdapat 15 siswa yang belum lancar membaca,
sedangkan setelah penerapan metode silabel jumlahnya berkurang menjadi 6 siswa.
Selain meningkatkan aspek teknis membaca, metode silabel juga mampu
menumbuhkan rasa percaya diri, motivasi dan antusiasme siswa dalam belajar.
Dengan demikian, metode silabel terbukti efektif dalam meningkatkan
kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1C SD Islam Ulil Albab Kebumen,
sehingga dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran membaca di sekolah dasar.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen pembimbing: Rose Kusumaning Ratri, S.S., M.A. |
| Uncontrolled Keywords: | Metode Silabel, Membaca Pemulaan, Kemampuan Membaca, Sekolah Dasar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 02:32 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 02:32 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1762 |
