Analisis Lingkungan Internal Sekolah Dalam Pemahaman Agama dan Nilai Moral Siswa di SMK Ma'arif 1 Kebumen

Sahrul Mauly, NIM : 19116671 (2025) Analisis Lingkungan Internal Sekolah Dalam Pemahaman Agama dan Nilai Moral Siswa di SMK Ma'arif 1 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (353kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (386kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (387kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (246kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran lingkungan internal
sekolah dalam membentuk pemahaman agama dan nilai moral siswa. SMK Ma’arif
1 Kebumen sebagai lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab tidak hanya
dalam aspek akademik, tetapi juga dalam pengembangan karakter dan spiritual
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
lingkungan internal sekolah terhadap pemahaman agama dan nilai moral siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan fokus pada
pemahaman mendalam mengenai bagaimana budaya religius sekolah, keteladanan
guru, kegiatan keagamaan rutin, dan pola interaksi antar warga sekolah yang
memengaruhi sikap dan perilaku siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala
sekolah, wakil kepala sekolah, staf kesiswaan, guru PAI, guru BK, dan siswa.
Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles dan
Huberman, yang mencakup tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan internal sekolah
memberikan pengaruh signifikan terhadap pembentukan pemahaman agama dan
nilai moral siswa. Keteladanan guru, kegiatan seperti salat berjamaah dan
pengajian, serta pembiasaan sikap sopan santun berkontribusi dalam menanamkan
nilai keagamaan dan moral. Lingkungan yang religius dan kondusif terbukti
mendukung siswa dalam menginternalisasi nilai-nilai spiritual dan etika,
menjadikan sekolah sebagai sarana efektif dalam pendidikan karakter berbasis
agama dan moral.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: dosen pembimbing : Dr. Alo Mahfudz, M.s.I.
Uncontrolled Keywords: Lingkungan internal sekolah, pemahaman agama, dan nilai moral
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:39
Last Modified: 28 Oct 2025 02:39
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1754

Actions (login required)

View Item
View Item