Peran Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI di SMK Batik Sakti 2 Kebumen

Fikri Falih Ahmad, NIM. 21110008 (2025) Peran Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI di SMK Batik Sakti 2 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of Skripsi_21110008_Fikri Falih Ahmad_Awal.pdf] Text
Skripsi_21110008_Fikri Falih Ahmad_Awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi_21110008_Fikri Falih Ahmad_BAB I.pdf] Text
Skripsi_21110008_Fikri Falih Ahmad_BAB I.pdf - Published Version

Download (252kB)
[thumbnail of Skripsi_21110008_Fikri Falih Ahmad_BAB II.pdf] Text
Skripsi_21110008_Fikri Falih Ahmad_BAB II.pdf - Published Version

Download (316kB)
[thumbnail of Skripsi_21110008_Fikri Falih Ahmad_BAB III.pdf] Text
Skripsi_21110008_Fikri Falih Ahmad_BAB III.pdf - Published Version

Download (287kB)
[thumbnail of Skripsi_21110008_Fikri Falih Ahmad_BAB IV.pdf] Text
Skripsi_21110008_Fikri Falih Ahmad_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of Skripsi_21110008_Fikri Falih Ahmad_BAB V.pdf] Text
Skripsi_21110008_Fikri Falih Ahmad_BAB V.pdf - Published Version

Download (165kB)
[thumbnail of Skripsi_21110008_Fikri Falih Ahmad_Daftar Pustaka.pdf] Text
Skripsi_21110008_Fikri Falih Ahmad_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan
gambaran yang jelas mengenai efektivitas media digital sebagai sarana
pembelajaran, menunjukkan bagaimana pemanfaatan media digital dapat
meningkatkan semangat belajar siswa, serta menggambarkan peran media digital
dalam menumbuhkan minat siswa terhadap materi Pendidikan Agama Islam (PAI).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuan
mendeskripsikan fenomena secara mendalam berdasarkan data lapangan apa
adanya. Penelitian kualitatif dilakukan dalam konteks alami dengan
memanfaatkan berbagai metode ilmiah untuk memahami fenomena secara
menyeluruh melalui pengalaman yang diteliti, serta menyajikannya dalam bentuk
uraian kata-kata. Fokus utama penelitian ini adalah mengumpulkan data mengenai
fakta, kondisi, variabel, dan fenomena yang muncul selama proses penelitian,
kemudian menyajikannya secara objektif sesuai dengan kenyataan. Pemilihan
pendekatan kualitatif didasarkan pada topik yang masih belum banyak dipahami
dan kompleksitas permasalahan yang muncul, sehingga diperlukan pengkajian
secara lebih mendalam dan komprehensif. Penelitian ini menunjukkan bahwa
penggunaan media pembelajaran digital di kelas XI TKJ A SMK Batik Sakti 2
Kebumen berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam
(PAI). Media digital yang digunakan, seperti video, presentasi interaktif, dan
platform daring, terbukti memudahkan siswa memahami materi sekaligus
meningkatkan keaktifan, antusiasme, serta rasa ingin tahu mereka. Guru PAI
memanfaatkan media digital secara terintegrasi mulai dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, hingga evaluasi melalui kuis interaktif dan tugas berbasis digital.
Kendala yang dihadapi mencakup keterbatasan sarana, kesiapan guru dan siswa,
serta hambatan jaringan internet. Adapun solusi yang dilakukan meliputi
peningkatan kompetensi guru, pelatihan bagi siswa, serta penyediaan fasilitas
sekolah. Secara keseluruhan, media pembelajaran digital efektif dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap materi PAI.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Siti Ngatikoh, S.E.,M.M.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Digital, Motivasi Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2025 02:58
Last Modified: 18 Oct 2025 02:58
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1739

Actions (login required)

View Item
View Item