Arum Megasari, NIM.2511004 (2025) Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP negeri 1 kuwarasan kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
COVER-LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (3MB)
BAB 1.pdf - Published Version
Download (2MB)
BAB 2.pdf - Published Version
Download (2MB)
BAB 3.pdf - Published Version
Download (2MB)
BAB 4.pdf - Published Version
Download (3MB)
BAB 5.pdf - Published Version
Download (3MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Arum Megasari. 2511004. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam
Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP negeri 1
kuwarasan kebumen.
Tujuan Penelitian adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 1 Kuwarasan Kebumen. (2) Untuk menggali respon siswa terhadap
pembelajaran PAI berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kaitannya
dengan peningkatan motivasi belajar di SMP Negeri 1 Kuwarasan Kebumen. (3)
Untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan
Teknologi Informasi dan Komunikasi pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 1
Kuwarasan Kebumen.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peserta didik yang diteliti
adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kuwarasan Kebumen yaitu kelas VIII
A dan VIII H. Data yang dikumpulkan berupa data observasi penelitian dan hasil
wawancara Kepala Sekolah, Guru PAI dan Siswa kelas VIII A dan VIII H. Teknik
analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan
Kesimpulan/Verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam pembelajaran PAI berlangsung cukup optimal melalui
penggunaan media seperti PowerPoint, video pembelajaran, dan animasi yang
sesuai dengan materi. Respon siswa terhadap pembelajaran berbasis Teknologi
Informasi dan Komunikasi cenderung positif, ditandai dengan meningkatnya
partisipasi, fokus, serta motivasi belajar. Faktor pendukung penerapan Teknologi
Informasi dan Komunikasi meliputi ketersediaan fasilitas sekolah (proyektor,
laptop, internet), kompetensi guru, serta antusiasme siswa. Adapun faktor
penghambat meliputi kendala teknis seperti koneksi internet yang tidak stabil dan
kualitas proyektor yang kadang buram. Penelitian ini menegaskan bahwa integrasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran PAI mampu
menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan relevan
dengan kebutuhan generasi digital.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing :Dr. Eliyanto, M.Pd |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 03:04 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 03:04 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1732 |
