Pengalaman dan Tantangan Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai - Nilai Islamisasi Di SMP Negeri 6 Kebumen

Siti Qoyimatul Fajriah, NIM. 20116960 (2024) Pengalaman dan Tantangan Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai - Nilai Islamisasi Di SMP Negeri 6 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (315kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (338kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (319kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (258kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah: (1) Untuk mendeskripsikan apa saja pengalaman
guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai Islamisasi kepada peserta didik di SMP Negeri
6 Kebumen; (2) Untuk mengetahui apa saja tantangan yang dihadapi oleh guru PAI
dalam menanamkan nilai-nilai Islamisasi kepada peserta didik di SMP Negeri 6
Kebumen.
Penelitian ini berupa Penelitian Kualitatif. Guru yang diteliti adalah guru PAI
yang mengajar di SMP Negeri 6 Kebumen yang berjumlah 2 orang. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang dikumpulkan
dihasilkan dari wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan
adalah analisis data kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data dan penarikan simpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengalaman
pendidikan non formal guru PAI sangat membantu dalam proses penanaman nilai-nilai
Islamisasi kepada peserta didik. Selain pendidikan non formal, pengalaman mengajar
di berbeda sekolah juga memudahkan guru dalam menanamkan nilai-nilai Islamisasi
kepada peserta didik karena dari pengalaman tersebut mempermudah guru dalam
mengenali karakter peserta didik untuk menemukan solusi dari permasalahan; (2)
tantangan yang dihadapi oleh guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai Islamisasi
kepada peserta didik berasal dari beberapa sumber yaitu berasal dari peserta didik itu
sendiri, dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen pembimbing : Drs. RH. Makhrur Adam Maulana, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengalaman, Tantangan, Nilai Islamisasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2025 02:20
Last Modified: 13 Oct 2025 02:20
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1723

Actions (login required)

View Item
View Item