“Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di MI Ma’arif Depokrejo

Ni’matussolihah, NIM 2012907 (2024) “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di MI Ma’arif Depokrejo. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (301kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (273kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (196kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (151kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan berbagai upaya yang dilakukan dalam rangka
memperbaiki karakter peserta didik. Pendidikan karakter menjadi solusi terbaik
dalam rangka membentuk dan memperkuat karakter bangsa sehingga kemudian
menjadi manusia yang bermoral dan mampu membentengi diri dari arus
globalisasi yang begitu cepat seperti saat ini. Pendidikan karakter dalam ajaran
agama Islam senantiasa dilakukan sejak anak masih dini, salah satunya, yaitu
dengan membiasakan shalat dhuha. Penanaman karakter melalui pembiasaan
shalat dhuha, merupakan pendidikan karakter yang mengupayakan terbentuknya
karakter serta moral anak sehingga terhindarkan dari degradasi moral dalam
bentuk fikiran maupun dalam perilaku. Sehingga dalam penelitian ini akan
mengkaji mengenai bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Melalui
Pembiasaan Shalat Dhuha di MI Ma’arif Depokrejo?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pendidikan
Karakter Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di MI Ma’arif Depokrejo. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam
penggalian data dilapangan menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan karakter yang dilakukan
di MI Ma’arif Depokrejo adalah melalui kegiatan pembiasaan shalat dhuha yang
selalu dilaksanakan oleh peserta didik kelas 4, 5, 6 serta dewan guru. Adapun
nilai-nilai karakter yang dikembangkan adalah a) religius yang tercermin dari
peserta didik melaksanakan shalat dhuha secara rutin, b) disiplin yang tercermin
dari peserta didik yang taat pada aturan dan ketentuan, c) bertanggungjawab yang
tercermin dari peserta didik melaksanakan shalat dhuha ketika tiba waktunya, d)
dan komunikatif yang tercermin dari peserta didik menjalin hubungan dengan
teman sebayanya baik ketika berada di lingkungan mushola tempat melaksanakan
shalat dhuha maupun ketika berada di lingkungan madrasah.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen pembimbing : Devi Yaniar Wi Hargina, S.Hum., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai Karakter, Shalat Dhuha
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 01 Oct 2025 02:53
Last Modified: 01 Oct 2025 02:53
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1699

Actions (login required)

View Item
View Item