Ni’matussolihah, NIM 2012907 (2024) “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di MI Ma’arif Depokrejo. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (301kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (273kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (196kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (378kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (151kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB)
Abstract
Pendidikan karakter merupakan berbagai upaya yang dilakukan dalam rangka
memperbaiki karakter peserta didik. Pendidikan karakter menjadi solusi terbaik
dalam rangka membentuk dan memperkuat karakter bangsa sehingga kemudian
menjadi manusia yang bermoral dan mampu membentengi diri dari arus
globalisasi yang begitu cepat seperti saat ini. Pendidikan karakter dalam ajaran
agama Islam senantiasa dilakukan sejak anak masih dini, salah satunya, yaitu
dengan membiasakan shalat dhuha. Penanaman karakter melalui pembiasaan
shalat dhuha, merupakan pendidikan karakter yang mengupayakan terbentuknya
karakter serta moral anak sehingga terhindarkan dari degradasi moral dalam
bentuk fikiran maupun dalam perilaku. Sehingga dalam penelitian ini akan
mengkaji mengenai bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Melalui
Pembiasaan Shalat Dhuha di MI Ma’arif Depokrejo?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pendidikan
Karakter Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di MI Ma’arif Depokrejo. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam
penggalian data dilapangan menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan karakter yang dilakukan
di MI Ma’arif Depokrejo adalah melalui kegiatan pembiasaan shalat dhuha yang
selalu dilaksanakan oleh peserta didik kelas 4, 5, 6 serta dewan guru. Adapun
nilai-nilai karakter yang dikembangkan adalah a) religius yang tercermin dari
peserta didik melaksanakan shalat dhuha secara rutin, b) disiplin yang tercermin
dari peserta didik yang taat pada aturan dan ketentuan, c) bertanggungjawab yang
tercermin dari peserta didik melaksanakan shalat dhuha ketika tiba waktunya, d)
dan komunikatif yang tercermin dari peserta didik menjalin hubungan dengan
teman sebayanya baik ketika berada di lingkungan mushola tempat melaksanakan
shalat dhuha maupun ketika berada di lingkungan madrasah.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen pembimbing : Devi Yaniar Wi Hargina, S.Hum., M.Pd.I. |
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Nilai Karakter, Shalat Dhuha |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 01 Oct 2025 02:53 |
| Last Modified: | 01 Oct 2025 02:53 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1699 |
