Peran Lingkungan Sosial Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri di TPQ Al-Islah Desa Sidoharum Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen.

Eri Isnaeni, NIM.21110072 (2025) Peran Lingkungan Sosial Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri di TPQ Al-Islah Desa Sidoharum Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (872kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (186kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB)

Abstract

ABSTRAK
Eri Isnaeni, 21110072, Peran Lingkungan Sosial Dalam Meningkatkan Motivasi
Belajar Santri di TPQ Al-Islah Desa Sidoharum Kecamatan Sempor Kabupaten
Kebumen.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memahami peran lingkungan sosial
dalam mempengaruhi motivasi belajar santri di TPQ Al-Islah Desa Sidoharum
Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung
dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar santri di TPQ Al-Islah Desa
Sidoharum Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian
ini yaitu Ketua TPQ Al-Islah, Ustadz/ah TPQ Al-Islah, Wali santri, Santri, dan
Masyarakat Sekitar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya yaitu reduksi data,
penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengaruh
lingkungan sosial terhadap motivasi belajar santri di TPQ dapat dilihat dari
beberapa aspek yaitu a). Lingkungan keluarga, berupa dukungan orang tua sebagai
motivator, fasilitator, dan pembimbing; b). Lingkungan TPQ seperti metode yang
digunakan, strategi yang dilakukan, dan sarana prasarana yang mendukung; c).
dukungan masyarakat terhadap adanya TPQ di lingkungannya. (2) Faktor
pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar santri dapat dilihat dari adanya
dukungan keluarga atau orang tua, fasilitas belajar yang memadai, dan kondisi
lingkungan yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan
motivasi belajar santri dapat dilihat dari kurangnya minat belajar dari diri santri,
kurangnya dukungan lebih dari orang tua dan pengaruh lingkungan sekitar seperti
tata bahasa yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :H.Mukhsinun,S.H.I.,M.E.I
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2025 03:46
Last Modified: 30 Sep 2025 03:46
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1690

Actions (login required)

View Item
View Item