Amanatun Hasanah,, NIM.21110100 (2025) Implementasi Akhlak Pribadi dan Akhlak kepada Manusia dalam Profil Pelajar Pancasila pada siswa kelas X di SMK N 2 Kebumen”. Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (917kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (330kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (345kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (128kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Download (171kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (15kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (154kB)
Abstract
ABSTRAK
Amanatun Hasanah, 21110100. “Implementasi Akhlak Pribadi dan Akhlak kepada
Manusia dalam Profil Pelajar Pancasila pada siswa kelas X di SMK N 2 Kebumen”.
Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Implementasi Akhlak
Pribadi dan Akhlak kepada Manusia dalam Profil Pelajar Pancasila pada siswa kelas
X di SMK N 2 Kebumen; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor
penghambat dalam Implementasi Akhlak Pribadi dan Akhlak kepada Manusia dalam
Profil Pelajar Pancasila pada siswa kelas X di SMK N 2 Kebumen.
Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif. Informan dalam penelitian
ini adalah Waka Kurikulum, guru PAI, dan siswa Kelas X. Teknik pengumpulan data
penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Implementasi
akhlak pribadi tercermin dalam sikap integritas siswa dan sikap merawat diri secara
fisik, mental, dan spiritual. Contohnya seperti berperilaku jujur, rajin berolahraga,
mengelola stres, dan rajin beribadah. Implementasi akhlak kepada manusia tercermin
dalam sikap mengedepankan persamaan orang lain, menghargai perbedaan, dan
berempati kepada orang lain. Contohnya seperti sikap toleransi, saling menghormati,
dan menumbuhkan empati kepada orang lain; (2) Faktor pendukungnya adalah
lingkungan sekolah yang mendukung sehingga membentuk karakter siswa melalui
kegiatan spiritual dan interaksi sosial yang sehat. Sedangkan faktor penghambatnya
adalah perbedaan latar belakang individu, seperti tingkat semangat, kecerdasan, dan
pola pikir yang beragam.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing: Nadia Raifah Nawakartika,M.Pd |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 29 Sep 2025 06:55 |
| Last Modified: | 29 Sep 2025 06:55 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1687 |
