Pendekatan Sosio-Emosional Guru: Analisis Pengaruh Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MAN 4 Kebumen

Sisca Amalia Putri, NIM. 21110056 (2025) Pendekatan Sosio-Emosional Guru: Analisis Pengaruh Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MAN 4 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (315kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (472kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (779kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (400kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (417kB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah: (1) Untuk menganalisis pengaruh pendekatan
sosio-emosional guru terhadap motivasi belajar siswa di MAN 4 Kebumen. (2)
Untuk menganalisis sebarapa besar pengaruh pendekatan sosio-emosional guru
terhadap motivasi belajar siswa di MAN 4 Kebumen.
Penelitian ini berupa Penelitian Kuantitatif. Siswa yang diteliti adalah siswa
kelas XI MAN 4 Kebumen sejumlah 439 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket/kuisioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data
penelitian ini menggunakan uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan
realibilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas dan linearitas, serta uji
hipotesis yang terdiri dari uji t serta keofisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendekatan
sosio-emosional guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa di MAN 4
Kebumen. Hal ini berdasarkan hasil uji hipotesis yang menunjukan bahwa nilai sig.
sebesar 0,000 di mana nilai tersebut <0,005, sehingga sesuai dengan kriteria jika
Ha diterima dan H0 ditolak. Bunyi Ha adalah “Adanya pengaruh pendekatan sosio
emosional guru terhadap motivasi belajar siswa di MAN 4 Kebumen”. (2) Besarnya
pengaruh pendekatan sosio-emosional guru terhadap motivasi belajar siswa di
MAN 4 Kebumen adalah sebesar 25,2%. Hal ini dilihat pada tabel hasil analisis
koefisien determinasi sebesar 0,252. Nilai ini menunjukkan bahwa pengaruh
pendekatan sosio-emosional guru terhadap motivasi belajar siswa di MAN 4
Kebumen sebesar 25,2%, sedangkan sisanya yaitu 74,8% menunjukkan faktor lain
yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen pembimbing : Dr. Umi Arifah, S.Pd.I., M.M.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan, Sosial, Emosional, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:01
Last Modified: 24 Sep 2025 04:01
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item
View Item