Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Pada Peserta Didik MAN 3 Kebumen

Putri Magda Nurhaliza, NIM 21110117 (2025) Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Pada Peserta Didik MAN 3 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (395kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (391kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (241kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (263kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) untuk menganalisis problematika pembelajaran
Al-Qur’an Hadits pada peserta didik kelas XI B di MAN 3 Kebumen; (2) untuk
menganalisis faktor penghambat yang mempengaruhi pembelajaran Al-Qur’an
Hadits pada peserta didik kelas XI B di MAN 3 Kebumen.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
studi kasus dengan objek penelitian problematika dan faktor penghambat
pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas XI B MAN 3 Kebumen. Subjek
penelitian yaitu seorang guru Al-Qur’an Hadits dan peserta didik kelas XI B tahun
ajaran 2024/2025 berjumlah 6 dari 31 peserta didik. Data yang dikumpulkan
berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Problematika pembelajaran Al
Qur’an Hadits teridentifikasi pada aspek minat belajar yang ditandai dengan
peserta didik memiliki minat belajar rendah, ketidakdisiplinan dalam
menyelesaikan tugas, dan bermain HP; aspek motivasi belajar yang ditandai
dengan peserta didik kurang termotivasi, metode ceramah yang monoton,
terbatasnya bentuk penghargaan yang diberikan guru, dan lingkungan kelas tidak
kondusif; serta aspek kesulitan belajar yang ditandai dengan peserta didik
kesulitan dalam penguasaan materi dan menunjukkan kepribadian yang kurang
mendukung proses pembelajaran seperti ngantuk dan tidur. (2) Faktor penghambat
pembelajaran Al-Qur’an Hadits teridentifikasi pada latar belakang keluarga tidak
mendukung, kemampuan guru terbatas pada variasi metode, kurangnya
komunikasi antara guru dengan orang tua, dan guru belum maksimal dalam
menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Muna Fauziah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran, Al-Qur’an Hadits
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:37
Last Modified: 23 Sep 2025 03:37
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1662

Actions (login required)

View Item
View Item