Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Digital Pada Pembelajaran Matematika Kelas 3 Di MIN 4 Kebumen

Rika Mulyaningrum, NIM 2112015 (2025) Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Digital Pada Pembelajaran Matematika Kelas 3 Di MIN 4 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (745kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (36kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (142kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (135kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (18kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa kelas III di MIN 4
Kebumen terhadap penggunaan media digital dalam pembelajaran matematika. Fokus
utama dari penelitian ini mencakup tiga aspek: pemanfaatan media digital, minat
belajar siswa, dan persepsi siswa terhadap proses pembelajaran yang melibatkan
teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media digital seperti Math
Learning Center dan Spin Wheel mampu meningkatkan interaktivitas serta semangat
siswa dalam pembelajaran matematika. Selain itu, siswa menunjukkan minat belajar
yang lebih tinggi ketika materi disampaikan menggunakan media digital karena
tampilannya yang menarik dan bersifat interaktif. Persepsi siswa terhadap penggunaan
media digital cenderung positif, karena media ini membantu mereka lebih memahami
konsep-konsep abstrak dalam matematika dengan lebih mudah. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa penggunaan media digital tidak hanya meningkatkan minat dan
motivasi belajar, tetapi juga memperkuat pemahaman konseptual siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Dr. Maryanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: media digital, minat belajar, persepsi siswa, pembelajaran matematika, Math Learning Center
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:20
Last Modified: 23 Sep 2025 02:20
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1655

Actions (login required)

View Item
View Item