Pengaruh online transaction experience, trust, dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pengguna BYOND By BSI pada Bank Syariah Indonesia KCP Gombong Kebumen

Nurul Nabilah, NIM.2123048 (2025) Pengaruh online transaction experience, trust, dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pengguna BYOND By BSI pada Bank Syariah Indonesia KCP Gombong Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER-ABSTRAK_SKRIPSI_2123048_NURUL NABILAH.pdf] Text
1. COVER-ABSTRAK_SKRIPSI_2123048_NURUL NABILAH.pdf

Download (874kB)
[thumbnail of 2. BAB 1_SKRIPSI_NURUL NABILAH.pdf] Text
2. BAB 1_SKRIPSI_NURUL NABILAH.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 3. BAB 2_SKRIPSI_NURUL NABILAH.pdf] Text
3. BAB 2_SKRIPSI_NURUL NABILAH.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 4. BAB 3_SKRIPSI_NURUL NABILAH.pdf] Text
4. BAB 3_SKRIPSI_NURUL NABILAH.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 5. BAB 4_SKRIPSI_NURUL NABILAH.pdf] Text
5. BAB 4_SKRIPSI_NURUL NABILAH.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of 6. BAB 5_SKRIPSI_NURUL NABILAH.pdf] Text
6. BAB 5_SKRIPSI_NURUL NABILAH.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 7. DAPUS_SKRIPSI_NURUL NABILAH.pdf] Text
7. DAPUS_SKRIPSI_NURUL NABILAH.pdf

Download (210kB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh online
transaction experience, trust, dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah
pengguna BYOND By BSI pada Bank Syariah Indonesia KCP Gombong Kebumen.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan
Probability Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner
melalui aplikasi Google Form yang disebarkan kepada nasabah pengguna BYOND
By BSI pada Bank Syariah Indonesia KCP Gombong Kebumen. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan Teknik analisis regresi linier berganda yang diolah
dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 27 dengan tiga variabel independen dan
satu variabel dependen.
Dengan mengacu pada hasil temuan dari penelitian ini, secara uji parsial
menunjukkan bahwa: 1) Variabel online transaction experience berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pengguna BYOND By BSI, hal
ini didasarkan atas hasil nilai koefisien sebesar 0,444, dengan nilai t sebesar 3,154
dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05; 2) Variabel trust tidak berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan nasabah pengguna BYOND By BSI, hal ini
disimpulkan berdasarkan hasil nilai koefisien sebesar 0,237, dengan nilai t sebesar
1,676 dan nilai signifikansi 0,097 > 0,05; 3) Variabel kualitas layanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pengguna BYOND By BSI,
dengan nilai koefisien sebesar 0,633, dengan nilai t 4,388 dan nilai signifikan
<0,001 < 0,05. Sementara itu, hasil dari uji simultan menunjukkan bahwa variabel
online transaction experience, trust dan kualitas layanan secara bersama-sama
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, dengan nilai Fhitung sebesar
72,630 > 2,71(Ftabel) dengan nilai signifikansi nya sebesar <0,001 < 0,05 dan
berkontribusi pengaruh sebesar 70% terhadap kepuasan nasabah. Maka dari itu,
dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel online transaction experience
(X1), trust (X2), dan kualitas layanan (X3) secara bersama-sama (simultan)
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pengguna BYOND By BSI

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Aniesatun Nurul aliefah,S.E.,S.Y.,M.E
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:36
Last Modified: 23 Sep 2025 02:36
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1654

Actions (login required)

View Item
View Item