Manajemen Projek Penguatan Profil Pancasila dengan teknik PDCA di SMA Negeri 1 Pejagoan

Umi Solihah, NIM : 2113024 (2025) Manajemen Projek Penguatan Profil Pancasila dengan teknik PDCA di SMA Negeri 1 Pejagoan. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (645kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (289kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (332kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (146kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB)
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf - Published Version

Download (248kB)

Abstract

Skripsi ini, ini bertujuan untuk meningkatkan standar pendidikan. orang tua,
siswa, dan masyarakat. Untuk memastikan bahwa setiap langkah dalam
pengelolaan pendidikan dilakukan secara sistematis dan terukur, sangat penting
dalam pengembangan kurikulum khususnya kearifan lokal. Dengan menerapkan
metode PDCA (Plan-Do-Check-Act).
Penelitian ini bersifat kualitatif sebuah istilah yang mengacu pada jenis
penelitian yang memanfaatkan situasi sekitar untuk menafsirkan keadaan saat ini
dan
menggunakan berbagai pendekatan. Penelitian kualitatif biasanya
menggunakan observasi, analisis dokumen, dan wawancara. Pendekatan kualitatif
memberikan gambaran peristiwa dalam konteks lapangan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi manajemen yang
diterapkan di SMA N 1 Pejagoan yaitu (1) Perencanaan (plen) P5 dalam
pembentukan karakter siswa di SMA N 1 Pejagoan dilakukan dengan membentuk
tim fasilitator, yang dibentuk oleh tim manajemen madrasah; (2); Pelaksanaan
(do) P5 dalam pembentukan karakter siswa di SMA N 1 Pejagoan diambil di
mapel PAI tentang kearifan lokal; (3) Pengorganisasian (check) P5 di SMA N 1
Pejagoan dilakukan dengan menggunakan sistem blok waktu, dalam artian sudah
ada plot jamnya masing - masing (4) Tindak lanjut (act) P5 dalam pembentukan
karakter siswa dilakukan secara proses, tidak ada penilaian secara tertulis, jadi
evaluasi P5 dilakukan dengan cara pengamatan outcome nya siswa. (5) Faktor
penghambat dan faktor pendukung P5 dalam pembentukan karakter siswa adalah
untuk penghambatnya waktu, presepsi tentang P5 masih sering keliru, dan untuk
faktor pendukungnya adalah fasilitas yang memadahi.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Oky Ristya Trisnawati, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen P5, SMA N 1 Pejagoan, Metode PDCA, Pendidikan, Partisipasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2025 02:02
Last Modified: 22 Sep 2025 02:02
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1645

Actions (login required)

View Item
View Item