Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep–Konsep Akidah Akhlak pada Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Kebumen

Ngabdillah NurYahya, NIM : 19116624 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep–Konsep Akidah Akhlak pada Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 3. BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf] Text
3. BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of 4. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
4. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 5. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf] Text
5. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of 6. BAB V PENUTUP.pdf] Text
6. BAB V PENUTUP.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor yang memengaruhi
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)
pada peserta didik kelas XI B–XI C MAN 3 Kebumen; (2) mendeskripsikan
proses penerapan model TGT dalam meningkatkan pemahaman konsep akidah
akhlak; dan (3) membandingkan hasil belajar serta partisipasi aktif peserta didik
pada setiap siklus penerapan.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua
siklus. Subjek penelitian berjumlah 62 peserta didik. Teknik pengumpulan data
meliputi observasi, dokumentasi, dan tes kognitif; data dianalisis secara kuantitatif
dan kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe
TGT efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep akidah akhlak. Nilai rata
rata kelas XI B meningkat dari pra-siklus (75, ketuntasan 74%) menjadi 90
(100%) pada siklus II. Sementara kelas XI C meningkat dari 68 (68%) menjadi 83
(100%). Partisipasi aktif peserta didik XI B meningkat dari 86 menjadi 92, dan XI
C dari 74 menjadi 85. Faktor penghambat utama pada pra-siklus adalah sifat
materi tasawuf yang abstrak. Model TGT berhasil mendorong kolaborasi,
keterlibatan aktif, dan pemahaman mendalam peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen pembimbing : Dr. Benny Kurniawan, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, Akidah Akhlak, Pembelajaran Kooperatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 21 Sep 2025 03:02
Last Modified: 21 Sep 2025 03:02
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1641

Actions (login required)

View Item
View Item