Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Pendampingan Terhadap Kedisiplinan Belajar Madrasay Ibtidaiyah Terpadu Logaritma Sempor

Fayza Sahrulita, NIM : 2112021 (2025) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Pendampingan Terhadap Kedisiplinan Belajar Madrasay Ibtidaiyah Terpadu Logaritma Sempor. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh
lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan belajar siswa Madrasah
Ibtidaiyah Terpadu Logaritma Sempor: (2) Pengaruh pendampingan
orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah
Terpadu Logaritma Sempor: (3) Pengaruh lingkungan keluarga dan
pendampingan secara stimulan terhadap kedisiplinan belajar siswa
Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Logaritma Sempor.
Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Populasi ini sebanyak 343 siswa dan
jumlah sampel sebanyak 31 siswa. Pengumpulan data melalui
kuesioner/angket. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah
dengan menggunakan teknik analisis data yang terditi atas teknik
analisis deskriptif dan stastistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
posistif mengenai lingkungan keluarga dan pendampingan terhadap
kedisiplinan belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Logaritma
Sempor. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil uji regresi linear sederhana
diperoleh koefisien regresi sebesar 0,324. Pengaruh lingkungan
keluarga dan pendampingan terhadap kedisiplinan siswa di Madrasah
Ibtidaiyah Terpadu Logaritma Sempor tersebut sebesar 78%. Hal itu
dapat dibuktikan dari hasil pengujian R-Square, yakni diperoleh 0,780.
Jika salam persentase maka menjadi 78%.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Subarkah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan belajar, lingkungan keluarga, pendampingan belajar, siswa Madrasah Ibtidaiyah, kuantitatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 21 Sep 2025 02:49
Last Modified: 21 Sep 2025 02:49
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1639

Actions (login required)

View Item
View Item