Strategi guru ngaji dalam Megembangkan Kemampuan Membaca al-Qur’an bagi Generasi Alpha di TPQ alMa’rifat dukuh Pesantren Tamanwinangun Kebumen

Krisna Fadhilah Ardiyansyah, NIM.21110041 (2025) Strategi guru ngaji dalam Megembangkan Kemampuan Membaca al-Qur’an bagi Generasi Alpha di TPQ alMa’rifat dukuh Pesantren Tamanwinangun Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (215kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (304kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (228kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (380kB)

Abstract

ABSTRAK
Krisna Fadhilah Ardiyansyah, 21110041. Strategi guru ngaji dalam Megembangkan Kemampuan Membaca al-Qur’an bagi Generasi Alpha di TPQ alMa’rifat dukuh Pesantren Tamanwinangun Kebumen Tujuan Penelitian adalah: (1)Untuk mengidentifikasi strategi yang diterapkan oleh guru ngaji di TPQ al ma’rifat desa tamanwinagun dalam mengembangkan kemampuan membaca al quran bagi generasi alpha. (2)Untuk menganalisis faktor pendukung penghambat dan penghambat dalam
penerapan strategi yang ada di TPQ al-Ma’rifat dukuh Pesantren Tamanwinangun Kebumen.
Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Ustad dan Ustadzah pengajar di TPQ al-ma’rifat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Adapun anaisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Penggunaan Strategi di TPQ alMa’rifat cukup efektif dan sudah memenuhu standar TPQ walau masih ada
beberapa kekurangan. Dalam pelaksanaan pembelajaraan menggunakan metode yan’bua yang bertujuan meningkatkan strategi dalam pembelajaran agar meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an bagi santri, dalam penyampaianya
di kelas menggunakan pembelajaran model sorogan dan klasikal. Pengelompokan yang disesuaikan dengan kempampuan pemahaman santri, media pembelajaran yang evektif dan evaluasi yang tersruktur seperti; kelancaran santri dalam membaca jilid, ketepatan santri Ketika membaca al-Qur’an dan melafalkan satiap huruf dan makrojul hurufnya. (2) untuk faktor pendukung sudah berjalan dengan baik lingkungan yang kondusif, metode yang inovatif dan sangat membantu bagi
Ustadz-Ustadzah maupun santrinya, sedangkan faktor penghambatnya seperti] masih minim fasilitas sarana dan prasaranan, akomondasi uang, Serta kesejahteraan
Ustadz-Ustadzah yang dirasa masih kurang dan pembagian waktu UstadzUstadzah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan dan masukan bagi pengelola TPQ untuk kedepanya menjadi lebih baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Abdul Waid,S.H.,M.H
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2025 03:58
Last Modified: 20 Sep 2025 03:58
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1636

Actions (login required)

View Item
View Item