Implementasi Asesmen Formatif dan Sumatif Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran PAI Kelas 4 SDN 2 Kebumen

Malikhatun Khasanah, NIM.20116834 (2024) Implementasi Asesmen Formatif dan Sumatif Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran PAI Kelas 4 SDN 2 Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (152kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (292kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (227kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB)

Abstract

ABSTRAK
Malikhatun Khasanah. 20116834. Implementasi Asesmen Formatif dan Sumatif Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran PAI Kelas 4 SDN 2 Kebumen. Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana implementasi asesmen formatif dan sumatif kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI
kelas 4 di SDN 2 Kebumen; (2) untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan asesmen guru PAI di SDN 2 Kebumen dengan buku panduan pembelajaran dan asesmen kurikulum Merdeka.
Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data hasil penelitian lalu dianalisis dengan menggunakan teori
milik Miles dan Huberman. Pada teori ini meliputi penyajian data, mereduksi data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) implementasi asesmen formatif dan sumatif kurikulum merdeka mapel PAI kelas 4 di SDN 2 Kebumen telah sesuai dengan panduan pembelajaran dan asesmen kurikulum Merdeka. Guru melaksanakan asesmen pembelajaran diawali
dengan kegiatan perencanaan pembelajaran dengan menyusun modul ajar dengan menganalisis capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan alur tujuan pembelajaran. Guru PAI melakukan penilaian dengan bervariasi dengan harapan pembelajaran menjadi maksimal dan materi mampu dipahami dengan baik oleh peserta didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Maryanto,M.Sc
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:44
Last Modified: 13 Aug 2025 02:44
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item
View Item