Ulfa Khoeriyah, NIM.19116807 (2023) Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik di SD Negeri Tanjungsari, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (875kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (114kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (527kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (106kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (424kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (253kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (305kB)
Abstract
ABSTRAK
Ulfa Khoeriyah.19116807. Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik di SD Negeri Tanjungsari, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen.
Tujuan Penelitian adalah : (1). Untuk mengetahui peran guru PAI dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik di SD Negeri Tanjungsari, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen. (2). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter disiplin dan
tanggung jawab peserta didik di SD Negeri Tanjungsari, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen.
Metode Penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif kualitatif. Untuk subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik kelas V.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan untuk analisis data yang digunakan oleh penulis yaitu analisis data dari Miles dan Huberman. Untuk teknik pengelolaan data menggunakan analisis kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian yang diperoleh: (1) Peran guru PAI yang ditemukan di SD Negeri Tanjungsari dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab yaitu sebagai pendidik, guru PAI mendidik peserta didik dengan memberi nasehat
untuk berperilaku yang baik dan disiplin, serta memberikan nasehat untuk selalu bertanggung jawab akan tugas dan kewajibannya sebagai seorang pelajar. Sebagai pembimbing, guru PAI membimbing peserta didik untuk selalu berperilaku
disiplin dan selalu berperilaku yang bertanggung jawab. Sebagai model dan teladan, guru PAI mengajarkan dan mencontohkan disiplin waktu dan disiplin kerapihan serta mengajarkan dan mencontohkan perilaku bertanggung jawab akan
menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Sebagai evaluator, guru PAI melakukan evaluasi terhadap perilaku kedisiplinan peserta didik serta memberikan evaluasi terhadap perilaku tanggung jawab peserta didik. (2) Faktor pendukung dalam
pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik di SD Negeri Tanjungsari yaitu terdiri atas faktor lingkungan baik lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, maupun lingkungan masyarakat, model pergaulan masyarakat
di sekolah, etika peraturan tata tertib sekolah, serta diadakannya kegiatan-kegiatan rutin keagamaan. Faktor penghambatnya yaitu terdiri atas faktor internal yang
berasal dari diri peserta didik dan keluarga, serta faktor eksternal berasal dari lingkungan sekitar yang kurang semangat dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab. Solusi yang diberikan, diantaranya yaitu dengan melakukan berbagai pembinaan, memberikan nasehat dan motivasi kepada peserta didik, melakukan kerjasama dengan seluruh guru, karyawan, orang tua, dan masyarakat
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr.Atim Rinawati,M.Pd |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:50 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 02:50 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1564 |
