Rif’atun Nafida, NIM. 20116927 (2024) Pengaruh Keaktifan Siswa Taman Pendidikan AlQur‟an (TPQ) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD N Prapaglor, Pituruh, Purworejo. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (854kB)
2. BAB 1.pdf - Published Version
Download (356kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (527kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (497kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (483kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (330kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (268kB)
Abstract
ABSTRAK
Rif’atun Nafida. 20116927. Pengaruh Keaktifan Siswa Taman Pendidikan AlQur‟an (TPQ) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD N Prapaglor, Pituruh, Purworejo. Tujuan Penelitian adalah; (1) Untuk menganalisis pengaruh keaktifan siswa TPQ terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI di SD N Prapaglor, Pituruh, Purworejo. (2) Untuk menganalisis sebarapa besar pengaruh keaktifan siswa TPQ terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI di SD N Prapaglor, Pituruh, Purworejo Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana respondennya yaitu
siswa TPQ SD N Prapaglor yang terdiri dari siswa kelas III, IV,V dan VI. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji instrument yang terdiri dari uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas dan linearitas, serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa; (1) Keaktifan siswa TPQ berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI di SD N Prapaglor. Hal ini
berdasarkan hasil uji hipotesis yang menunjuukkan bahwa nilai sig. sebesar 0,000 dimana nilai tersebut <0,005, sehingga sesuai kriteria jika Ha diterima dan Ho ditolak. Bunyi Ha adalah “Adanya pengaruh keaktifan siswa dalam Taman
Pendidikan Al-Qur‟an terhadap hasil belajar PAI siswa di SD N prapaglor”. (2) Besarnya pengaruh keaktifan siswa TPQ terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI di SD N prapaglor adalah sebesar 55%. Hal ini dilihat pada tabel uji korelasi nilai koefisien korelasi sebesar 0,558. Nilai ini menunjukkan bahwa pengaruh Keaktifan siswa TPQ terhadap hasil belajar PAI siswa SD N Prapaglor sebesar 55%, sedangkan sisanya yaitu 45 % menunjukkan faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Umi Arifah,S.Pd.,M.M |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:18 |
| Last Modified: | 22 Jul 2025 03:56 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1559 |
