Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin Jilid 1 dalam Penguatan Pendidikan Karakter di MTs Salafiyah Syafi’iyah Grogolpenatus

Zakki Syifa, NIM : 20116900 (2024) Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin Jilid 1 dalam Penguatan Pendidikan Karakter di MTs Salafiyah Syafi’iyah Grogolpenatus. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf

Download (754kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf

Download (844kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin Jilid 1 dalam menguatkan pendidikan karakter di MTs Salafiyah Syafi’iyah Grogolpenatus pada kelas 9 (2) Untuk mengetahui factor penghambat pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin Jilid 1 kelas 9 di MTs Salafiyah Syafi’iyah Grogolpenatus beserta solusinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menggali proses pembelajaran kitab akhlak lil banin jilid 1 dalam penguatan pendidikan karakter di MTs Salafiyah Syafi’iyah Grogolpenatus dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Perencanaan Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin Jilid 1 dalam Menguatkan Pendidikan Karakter di MTs Salafiyah Syafi’iyah Grogolpenatus berperan krusial dalam penguatan pendidikan karakter; (2) Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin Jilid 1 dalam Menguatkan Pendidikan Karakter di
MTs Salafiyah Syafi’iyah Grogolpenatus telah terlaksana secara efektif, memanfaatkan metode Bandungan dengan tiga tahap; (3) MTS Salafiyah Syafi'iyah Grogol Penatus berhasil menerapkan model ini melalui pengamatan guru terhadap perilaku siswa, sehingga menghasilkan hasil pendidikan karakter yang lebih baik dibandingkan sekolah lain; (4) Dengan mengatasi faktor-faktor seperti rendahnya pemahaman bahasa Arab, kurangnya minat dan motivasi siswa, serta lingkungan eksternal yang kurang mendukung, maka proses pembelajaran di kelas 9 MTS Salafiyah Syafi'iyah Grogolpenatus dapat ditingkatkan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H.Makhrur Adam Maulana, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Akhlak Lil Banin, Pembelajaran, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:32
Last Modified: 21 Jul 2025 02:32
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1556

Actions (login required)

View Item
View Item