Analisis Perilaku Penjual Dalam Transaksi Jual Beli Ditinjau dari Etika Bisnis Islam di Grup Jual Beli HP Bekas Kebumen

Tri Yuliana Yanti, NIM : 1921186 and H. Munir Akhyar, SE., M.Si, NIDN : 0630556301 (2023) Analisis Perilaku Penjual Dalam Transaksi Jual Beli Ditinjau dari Etika Bisnis Islam di Grup Jual Beli HP Bekas Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (883kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (525kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (481kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (347kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (463kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui mekanisme praktik perilaku bisnis dalam transaksi Jual beli Hp Second di Grup Jual Beli HP Bekas Kebumen (2) Mengetahui praktik perilaku bisnis dalam transaksi jual beli Hp Bekas Kebumen ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Jenis pelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian dalam bentuk metode etnografi komunikasi. Pada penelitian ini peneliti meggunakan studi etnografi virtual, Analisis Media Siber, untuk menggali informasi terkait pola komunikasi, melihat fenomena sosial, dan kultur dari pengguna ruang siber. Penelitian dilaksanakan di Grup Jual Beli Facebook Kebumen yang difokuskan pada objek Perilaku bisnis dalam Forum Grup tersebut. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Praktik Jual Beli HP Second masih terdapat pelaku bisnis yang belum memenuhi syarat dan rukun karena dalam pelaksanaannya masih ada unsur gharar (ketidakpastian). (2) Dalam tata cara praktiknya, dalam forum grup tersebut masih terdapat pelaku bisnis yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam sehingga hal ini bertentangan dengan Al Qur’an
Surat An Nisa ayat 29. Berdasarkan uraian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat lima faktor utama yang berkontribusi pada keberhasilan berbisnis Nabi Muhammad Saw, yaitu: kejujuran (sidiq), integritas (amanah), penyampaian (tablig), dan ketekunan (fatanah). Keempat sifat ini mencerminkan ciri khas yang sangat penting dalam karakter Nabi Muhammad Saw, dan telah dikenal dengan baik dalam kalangan para Ulama. Meskipun demikian, tidak semua pelaku bisnis saat ini mengadopsi atau menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam sebagaimana yang diilustrasikan oleh Rasulullah Saw. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan mereka untuk fokus pada keuntungan semata dalam transaksi, serta minimnya pemahaman yang dimiliki mengenai etika bisnis Islam yang sebenarnya.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : H.Munir Achyar, s.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Transaksi Jual Beli, Etika Bisnis Islam, HP Second, Grup Facebook
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 16 Jun 2025 08:15
Last Modified: 16 Jun 2025 08:15
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1536

Actions (login required)

View Item
View Item